e-KTP Atau Surat Keterangan Dari Dukcapil Sebagai Syarat Memilih

Jakarta, Akuratnews.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) RI Juri Ardiantoro mengungkapkan, ada beberapa hal-hal baru dala. Pilkada serentak 2017 ini.

Salah satunya  adalah penggunaan e-KTP atau surat keterangan dari dukcapil sebagai syarat memilih

"Daftar pemilih bukan artinya semua yang dimasukan ke DPT KPU itu sudah mempunyai e-KTP jadi kalo ada berita ada sekian juta warga di daerah pilkada yang belum punya e-KTP bukan berarti mereka kehilangan hak pilihnya. ,"ujarnya di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (7/2/17).

Ia menjelaskan, sebagian yang belum punya e-KTP  sudah terdaftar di DPT dan  sepanjang sudah ada di database pemerintah sebagai jawaban pemerintah melalui kantor di dukcapil warga tersebut.

"Sudah ada dalam database itu dasar kami masuk ke daftar pemerintah, yang tidak bisa punya hak pilih itu yang belum masuk ke DPT,"ucapnya

Kemudian,lanjut Juri,  pengaturan kolom kosong dalam surat suara dengan satu pasangan calon, serta legal standing pemantau sebagai pihak yang dapat mengajukan gugatan pada pilkada dengan satu pasangan calon (peraturan MK Nomor 14 Tahun 2015).

(Fajar)

Penulis:

Baca Juga