Edan! Kemarin Bupati Indramayu, Kini Wali Kota Medan Kena OTT KPK

Jakarta, Akuratnews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Kali ini giliran Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin yang ditangkap oleh lembaga antirasuah itu. Penangkapan terhadap Dzulmi dilakukan KPK pada Rabu, (16/10/2019) di daerah Medan, Sumatera Utara.

“Ada tim lain yang ditugaskan ke Medan dan berhasil mengamankan kepala daerah. Kini sedang diboyong ke Gedung Merah Putih KPK untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi di Jakarta pada Rabu (16/10/2019).

Selain Dzulmi, Febri menambahkan, turut diamankan pula enam orang lainnya. Mereka antara lain berasal dari Kepala Dinas Pekerjaan Umum, protokoler, ajudan wali kota, dan pihak swasta. Dengan demikian, total dari operasi tangkap tangan di Medan berjumlah tujuh orang.

Menurut Febri, mereka saat ini masih menjalani pemeriksaan di Polrestabes Medan. Dari penangkapan Dzulmi, KPK menyita uang sebesar Rp200 juta rupiah dari para pihak yang diamankan. “Diduga uang itu merupakan setoran dari dinas-dinas terkait di Medan kepada kepala daerah, ujar Febri.

Febri mengatakan, pihaknya menduga uang dari dinas-dinas di Kota Medan yang disetor kepada Dzulmi bukan baru sekali ini saja, melainkan sudah berulang kali. "Diduga praktik setoran dari dinas-dinas sudah berlangsung beberapa kali. Tim sedang mendalami lebih lanjut,” kata mantan aktivis anti korupsi itu.

Setelah menangkap Dzulmi dan enam orang lainnya, sebagaimana hukum acara yang berlaku KPK mempunyai waktu paling lama 1x24 jam untuk menentukan status hukum perkara dari pihak yang diamankan tersebut.

Penulis: Redaksi
Editor:Redaksi

Baca Juga