OPINI

Eksistensi Pesantren Dalam Dunia Pendidikan

AKURATNEWS - Bukan suatu hal yang asing bagi kita jika mendengar apa itu “pesantren”? Pesantren sendiri merupakan lembaga pendidikan Islam yang mewadahi berbagai macam pendidikan didalamnya, bukan suatu perbedaan baik Pesantren Modern, Pesantren Tahfidz, Pesantren Salafi, maupun Pesantren Tradisional semuanya berperan sebagai urgensi pendidikan Islam di Indonesia

Dalam dunia Pesantren bukan hanya pelajaran Agama Islam saja yang kita dapat, banyak hal yang bisa kita dapat dan bahkan juga di Pesantren anak-anak akan terdidik menjadi pribadi yang mandiri dalam segala hal, terbentuknya Akhlak Mulia yang merupakan salah satu wujud usaha Pesantren dalam pembinaan Akhlak Mulia melalui aktualisasi Nilai-nilai pendidikan Islam yang diajarkan didalamnya.

Nah, inilah yang telah hilang dari pemikiran dan pandangan para orang dan bahkan orang tua beramsusi bahwa kemajuan pendidikan diukur dari kecerdasan otak saja namun tidak dibarengi dengan akhlak mulia, pada akhirnya pendidikan moral dan akhlak kurang ditanamkan bahkan tidak terpikirkan sama sekali, inilah yang membuat karakter, akhlak dan moral anak bangsa kita turun bahkan hancur.

Maka dari itu Pesantren yang merupakan lembaga pendidikan islam berusaha untuk memberikan pendidkan yang Islami untuk memelihara dan menjaga agar terdidiknya anak anak dengan akhlak yang mulia demi terbentuknya insan kamil dengan norma Islam.

Tidak memasukkan anak ke Pesantren bukan juga suatu hal atau tindakan yang salah, jika orang tua mampu menanamkan pendidikan moral, akhlak dan karakter yang mulia sejak kecil, bisa kita pahami, bahwasannya pendidikan dapat kita dapat dari mana saja, tidak hanya disekolah, bahkan faktor terbesar terbentuknya karakter (fenotip) itu lahir dari lingkungan dan rumahnya yang mana anak tersebut dididik dan mendapatkan pelajaran, jadi orang tualah yang memiliki peran sangat penting bagi orang tuanya.

Bahkan kita pernah mendengar seorang penyair ternama Hafiz Ibrahim mengungkapkan sebagai berikut : “Al-Ummu madrasatul ula, iza a’dadtaha a’dadta sya’ban thayyibal a’raq” Artinya : Ibu adalah madrasah (Sekolah) pertama bagi anaknya. Jika engkau persiapkan ia dengan baik, maka sama halnya engkau persiapkan bangsa yang baik pokok pangkalnya.

Disini pesantren telah berusaha sebaik mungkin menjadi lembaga pendidikan Islam dan juga tempat penggemblengan karakter pada diri santri yang merupakan harapan bagi pondok pesantren agar kelak ketika lulus dari pesantren mampu menjadi penerus bangsa yang memiliki akhlakul karimah dan dapat menerapkan ilmu yang didapatnya selama dipesantren serta memberi contoh tauladan bagi masyarakat.

Pondok pesantren lembaga pendidikan islam besar yang telah tersohor diberbagai pelosok tanah air berusaha dengan memberikan pendidikan terbaik, menamankan moral dan membentuk akhlakul karimah, perlu diketahui pesantren telah melahirkan banyak pemimpin bangsa dimasa lalu hingga saat ini.

Selanjutnya 1 2

Baca Juga