Empat Skenario Akhiri Wabah Corona, Mana Yang Paling Mungkin Terjadi?

Jakarta, Akuratnews.com - Ada empat skenario yang dianggap mampu mengakhiri imbas bencana besar kemanusian akibat wabah virus Corona (Covid-19) di dunia ini. Apa saja skenario itu dan mana yang paling mungkin terjadi?

"Pertama, ditemukan obat penyembuhan yang pasti untuk pasien virus Covid-19 dan obat tersebut mampu diproduksi sesuai kuantitas kebutuhan dunia," ujar pengamat sosial dan hukum, Kan Hiung di Jakarta, Selasa (24/3).

Skenario kedua, lanjutnya, adanya mukjizat dari Tuhan Yang Maha Esa yang secara mendadak mengakhiri atau menghilangkan penyebaran virus Covid-19 di seluruh dunia.

Lalu, skenario ketiga, WHO mampu mengajak semua kepala negara di dunia ini melakukan satu cara ekstrim, yaitu semua kepala negara di dunia segera melakukan persiapan lockdown bersama dan segera melaksanakan lockdown bersama

"Seluruh umat manusia di dunia hanya boleh berkegiatan di dalam rumah saja, kecuali kegiatan pengadaan makanan dan minuman serta kebutuhan pokok manusia yang sangat teramat penting agar manusia tetap dapat bertahan hidup," ucapnya.

Namun, skenario ketiga ini akan menimbulkan sebuah masalah susulan. Bagaimana solusi bagi pekerja harian yang tak mendapat upah lantaran tak bekerja?

"Pemilik usaha yang masih mampu, sepatutnya turut serta membantu negara memberikan jaminan sosial pada pekerjanya sebagai wujud upaya turut serta bela negara. Bentuknya seperti memberikan sembako yang cukup dalam waktu tertentu dan sedikit uang pada pekerja sebagai wujud dana tanggap darurat. Anggap saja pengusaha punya kesempatan berbuat baik berbagi kepada sesama yang sedang membutuhkan," papar Kan.

Lalu, bagaimana dengan pekerja mandiri yang tidak mempunyai majikan? Kan menyebut, golongan inilah yang harus diberikan jaminan sosial dari pemerintah.

"Pemerintah harus fokus tingkatkan jaminan sosial bagi golongan ini. Karena saat ini kondisi darurat bencana," tegasnya.

Kembali pada skenario ketiga tadi, skenario tersebut hanya dapat dilaksanakan apabila diperintahkan oleh Kepala Negara masing-masing negara dan dilaksanakan oleh bagian pertahanan dan keamanan masing-masing negara dalam langkah darurat perang melawan Covid-19.

Sedangkan untuk skenario keempat, Khan menyebut, apabila ditemukan vaksin anti virus Corona yang dapat digunakan, maka sesegera mungkin sudah harus disiapkan untuk disuplay ke seluruh dunia

'Jika keempat skenario tersebut tidak ada satu pun yang dilakukan dalam waktu tiga bulan ke depan, saya sarankan seluruh umat manusia di bumi ini bersiap menghadapi bencana kemanusiaan global yang sangat besar," ucap Kan.

Jadi, menurut Anda skenario mana yang paling mungkin terjadi? Atau Anda punya skenario lain?

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga