ESDM Resmi Melelang 5 Blok Minyak dan Gas

Harga Minyak turun kembali, pasokan naik.
Harga Minyak turun kembali, pasokan naik.

Jakarta, Akuratnews.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi melelang 5 blok minyak dan gas (migas) sekitar dua minggu lalu. Hingga saat ini, ada 11 investor yang sudah berminat menggarapnya.

Direktur Jenderal Migas Kementerian Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan, jumlah investor yang berminat kemungkinan bertambah.

Hal ini mengingat masa penawaran lelang (bidding) blok dengan skema gross split itu baru berakhir pada 24 April 2019.

"Kita lelang itu dimulai 21 Februari ya harusnya itu 4 bulan nah kita percepat 2 bulan, bahkan belum sebulan nih sekarang, itu hasilnya sudah ada 11 yang mengakses bid dokumen," kata Djoko di kantornya, Jakarta, Senin (11/3/2019).

Namun, dia menolak mengungkap siapa saja sebelas investor yang berminat tersebut. Dia menyebut, identitas perusahaan tersebut harus dirahasiakan untuk mencegah bocornya penawaran yang diberikan.

Djoko merinci, lima blok migas yang dilelang yaitu Blok Eksplorasi terdiri dari Anambas di Riau dua peminat, West Ganal di Kalimantan Timur tiga peminat, dan West Kaimana di Papua Barat satu peminat.

Sementara, lelang blok produksi terdiri dari Selat Panjang di Riau ada tiga peminat dan West Kampar di Sumatera Utara ada dua peminat.

"West Ganal sudah tiga peminat, padahal West Ganal ini signature bonusnya 15 juta dolar AS," tuturnya. (Red)

Penulis:

Baca Juga