Opini

Event Maulid Nabi Terbesar di Indonesia 2020

Akuratnews.com - Setiap tahun pada tanggal 12 Robiul Awal  tahun hijriyah dilaksanakan event perayaan Maulid Nabi oleh umat Islam di seluruh Indonesia. Namun pada perayaan kali ini, ada sesuatu yang sangat berbeda dari tahun sebelum-sebelumnya, di mana tahun ini merupakan tahun musibah Pandemi Covid-19 yang membatasi aktivitas masyarakat di luar rumah. Sehingga pada perayaan kali ini bisa disebut juga moment spesial dalam perayaan kelahiran Nabi Muhammad SAW karena dilaksanakan secara daring.

Begitupula dengan kanal akun instagram @CintaNabiCintaSyari’ah yang mengadakan event akbar Cinta Nabi Cinta Syari’ah via zoom dan live streming di tv.maxbuzz.com. Pasalnya event ini mampu menyedot penonton yang sekaligus partisipan acara dengan jumlah yang fantastis, dan merupakan event maulid nabi terbesar di Indonesia via online, yaitu tak kurang dari 70 ribu orang. Hal ini dinyatakan langsung oleh panitian penyelenggara event akbar ini.

Tema acara kali ini pun sangat menggugah jiwa kaum muslimin dan sangat menginspirasi, “Cinta Nabi, Tegakkan Syariah”. Di mana diharapkan kecintaan kita kaum muslimin kepada Nabi Muhammad SAW tidak hanya berakhir pada sebuah perayaaan semata, tetapi juga mendorong kaum muslimin untuk cinta kepada syari’ah yang dibawa olehnya.

Apapun syari’ah itu yang masih berlandaskan dengan Al-Qur’an dan As sunnah. Jangan sampai kita mengaku cinta kepada Nabi Muhammad, merayakan kelahiran Nabi tetapi malah membeci syari’ah yang di bawa olenya. Naudzubillahi min dzalik.

Tausiyah-tausiyah dalam event akbar ini juga disampaikan oleh pembicara-pembicara yang sangat luar biasa, katakan saja Ustadz Rokhmat S. Labib dan Ustadz Ismail Yusanto. Dan dihadiri oleh ulama-ulama dan cendikiawan-cendikiawan muslim yang juga turut memberikan tausiyah dan semangat perjuangan.

Di mana perjuangan Nabi Muhammad sejatinya juga merupakan perjuangan kaum muslimin, apa yang menjadi tujuan Nabi Muhammad juga merupakan tujuan kaum muslimin. Sehingga bisa dilihat kecintaan tersebut berupa tindakan kita bagaimana meneladani, mengamalkan, mengikuti dan menjalankan segala syari’ah-syari’ah yang telah beliau bawa dalam kehidupan kita, tanpa harus memilih syari’ah mana yang harus dijalankan, sehingga syari’ah pun menjadi prasmanan yang hanya bisa diambil dengan selera dan kesukaan hati semata.

Semoga dalam event ini banyak menyadarkan umat islam bahwa banyak sekali syari’at Nabi Muhammad yang belum bisa kita amalkan secara sempurna, kita tahu bahwa saat ini umat islam dipimpin oleh sebuah sistem kapitaslime, di mana kaum muslimin tidak bisa menjalankan syari’at Nabi secara sempurna. Selain kita kaum muslimin wajib dan butuh akan syari’at tersebut, karena juga kita ingin merealisasaikan bentuk cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW di event Maulid Nabi ini. Itulah sebabnya, kenapa kita cinta kepada syari’at Islam karena kita cinta kepada Nabi Muhammad SAW. WaAllau ‘alam bishshowab.

Baca Juga