Seminar Literasi Digital

Fadli Zon: Keterampilan Digital Itu Sangat Penting

AKURATNEWS - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyelenggarakan seminar online dengan tema yang diangkat “Pentingnya Digital Skill di Dunia Kerja”.

Dalam seminar tersebut terdapat tiga pembicara yang mumpuni pada bidangnya, Narasumber Pertama yaitu Dr. Fadli Zon, M.Sc.  yang saat ini menjabat sebagai Anggota Komisi I DPR RI,  Narasumber kedua adalah Semuel Abrijani Pengerapan, B.Sc selaku Dirjen APTIKA Kominfo RI serta mengundang Muhammad Tri Andhika, S.Sos. M.A Selaku Wakil Rektor Universitas Bakrie. Seminar ini diselenggarakan pada hari Senin, 18 Oktober 2021 pada Pukul 12.30 wib melalui platform zoom meeting.

Seminar ini merupakan dukungan Kominfo terhadap Program Literasi Digital yang melibatkan berbagai elemen masyarakat Webinar memiliki beberapa tujuan dengan memberikan informasi tentang pentingnya kemampuan kita pada era Digital di dunia kerja pada saat ini, bagaimana kita bisa bersaing dengan cara meningkatkan diri sendiri dari segi Soft Skill dan Hard Skill untuk di dunia kerja. Sebagai Generasi penerus bangsa kembangkanlah diri dari akses yang tidak terbatas dari Literasi digital, untuk menciptakan Passion pada diri kita.

Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc menjabat sebagai Dirjen Aplikasi Informatika (APTIKA) Kementerian Kominfo RI dalam paparannya melalui tampilan video menjelaskan.

"Dimasa pandemi dan pesatnya teknologi telah merubah aktivitas seluruh masyarakat dalam melakukan kegiatan dan mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam transformasi digital Indonesia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mewujudkan masyarakat digital dimana kemampuan literasi digital masyarakat memegang peran yang sangat penting. Karena dalam upaya transformasi digital, pemerintah tidak dapat bergerak sendiri sehingga peran masyarakat sangat dibutuhkan. Kominfo dan Siber Kreasi serta stakeholder lainnya terus berupaya mengadakan kegiatan guna mencapai tingkat literasi yang optimal. Dalam aspek prinsip mendasar dalam Infomasi digital dala seni dan budaya," jelas Sammy di Jakarta pada Senin (18/10/21).

Selanjutnya narasumber kedua Dr. Fadli Zon, M.Sc. dalam paparannya menerangkan tentang pentingnya ketrampilan digital.

“Keterampilan digital itu sangat penting, karena kita masuk dalam di era Kecerdasan Buatan” ini menjadi sebagai trend perkembangan, dan menjadi peran yang sangat penting. Kita harus memahami dasar dari perangkat Digital yaitu Digital Skill terutama untuk generasi Milenial, generazi X, Generasi Y, dan generasi Z. dari data yang ada di Indonesia yang menggunakan Internet sebanyak 222 juta jiwa, semakin mudah untuk kita mengakses secara online dengan perkembangan di era saat ini," terang Fadli Zon..

Narasumber terakhir Muhammad Tri Andhika, S.Sos. M.A Selaku Wakil Rektor Universitas Bakrie dalam paparannya menjelaskan;

"Di era saat ini kita harus memiliki keterampilan seperti Soft Skill dan Hard Skill di era digital, dengan beradaptasi dari era saat ini yang memiliki berkembang pesat pada teknologi, tidak hanya itu, kita pun apabila ingin mencari pekerjaan juga diharuskan memiliki Soft Skill dan Hard Skill, tingkatkat kan lah hal tersebut untuk meningkatkan daya saing, tidak cukup apa yang kita pelajari dari pelajaran di sekolah atau kuliah, banyak cara untuk kita belajar secara online," jelas Muhammad Tri Andhika..

Seninar ini diikuti oleh 150 peserta, yang secara interaktif melakukan tanya jawab dengan ketiga narasumber yang ada.Dengan adanya acara ini diharapkan masyarakat dapat melakukan literasi digital sebagai dukungan kepada pemerintah mewujudkan transformasi digital Indonesia. Nimimnya kesadaran pada public untuk kerasipan data kita sendiri.

Penulis: Irish
Editor: Redaksi

Baca Juga