Fatia Izzati: Berjuang Sampai Akhir Adalah Karakter Manusia Juara

Fatia Izzati
Fatia Izzati

Sidoarjo, Akuratnews.com - Jangan pernah meremehkan hobi. Hobi yang ditekuni bisa juga mendatangkan prestasi. Termasuk hobi dalam menulis artikel. Fatia Izzati santri MAIT Darul Fikri Sidoarjo kelas X IPA adalah salah satu santri yang menekuni dunia tulis menulis. Berkat hobinya tersebut Fatia berhasil menjadi juara dua di kompetisi esai tingkat nasional bertajuk “Public Health Project (Php) Essay Competition 2020” yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat (HMJ KESMAS) Universitas Negeri Malang.

Dalam kompetisi itu esai Fatia berjudul “Masalah Kuno yang Belum Terpecahkan Kian Memicu Degradasi Kesehatan” berhasil menjadi juara dua. Fatia menjelaskan esai itu berisi tentang pengaruh sampah dan lingkungan pada kesehatan. Fatia memilih membahas masalah itu bukan tanpa sebab. Fatia sadar masalah-masalah kesehatan berasal dari masalah klasik yang dianggap sepele.

Saya berpikir bahwa suatu masalah yang kompleks pasti diawali dengan yang sederhana dan remeh. Seperti masalah-masalah lingkungan yang mempengaruhi kesehatan. Maka saya memutuskan menulis esai berisi kaitan masalah sampah, lingkungan dan kesehatan manusia,” ungkap Fatia saat diwawancarai melalui pesan elektronik.

Fatia mengaku sempat terkejut saat panitia lomba mengumumkan bahwa esai yang ia tulis menjadi juara dua. Hal itu wajar mengingat persiapan Fatia yang pendek dalam menyusun esai. Selain itu, kesibukan Fatia menjelang batas akhir pengumpulan lomba membuatnya sedikit pesimis. Namun, hasil memang tidak pernah menghianati proses. Dengan perjuangan ekstra, Fatia mampu menyelesaikan esainya dan memperoleh juara dua.

Fatia mempunyai tips jitu agar seseorang bisa menjadi juara dalam menulis esai. Menurut Fatia perjuangan sampai titik akhir adalah kunci sukses untuk menulis esai. “Jangan menyerah sampai batas akhir. Bertanggung Jawablahlah dengan apa yang telah kamu mulai dengan menyelesaikan tulisan itu sebisanya,” tutup Fatia.

Penulis: Redaksi

Baca Juga