oleh

FBR Setuju Hoax Masuk Kejahatan Luar Biasa

JAKARTA, Akuratnews.com – Maraknya berita dan informasi hoax jelang tahun politik ini sudah sampai pada tahap mengkhwatirkan dan telah sampai pada memecah belah bangsa. 

Menyikapi hal ini, organisasi kemasyarakatan (Ormas) Forum Betawi Rempug (FBR) sepakat jika penyebaran hoax masuk ke dalam kejahatan luar biasa (extra ordinary crime) seperti terorisme, korupsi dan narkoba.

“Hoax sudah sampai pada tingkat membahayakan. Kami sepakat kalau hoax dimasukkan ke dalam kejahatan luar biasa,” tegas Ketua FBR, KH Lutfi Hakim di sela-sela ‘Paparan Potensi Konflik Sosial Horizontal Pemilu 2019’ di Jakarta, Selasa (29/1).

Dikatakan Lutfi, alasan pihaknya setuju jika hoax masuk ke dalam kejahatan luar biasa didasari lantaran hoax sudah sama dengan fitnah yang mampu memecah belah dan mengadu domba masyarakat.

“Kegenitan di media sosial biasanya menjadi penyebab utama penyebaran hoax. Tujuannya bermacam-macam, ada yang cari keuntungan pribadi, iseng atau karena ingin dianggap yang paling pertama tahu. Inilah yang coba kita tangkal,” tegas Lutfi.

Ketua FBR, KH Lutfi Hakim bersama jajaran pengurus FBR saat membacakan deklarasi dukungan bagi pencegahan berita dan informasi hoax.

FBR diakuinya sudah punya program untuk menangkal hoax hingga tingkat bawah. Ada dua program yang kini dijalankan, yakni ‘Jaga Kampung’ dan ‘Jawara Anti Hoax’.

Lutfi pun menjamin jika pengurus dan tokoh-tokoh di FBR akan juga berkomitmen menjaga agar tidak ikut dalam upaya penyebaran hoax.

“Secara organisasi akan kita beri teguran. Jika diulangi lagi kita pecat. Sudah banyak kok pengurus FBR yang dipecat karena tidak patuh pada aturan organisasi,” tandasnya.(rianz)

Loading...

Komentar

News Feed