Peringati 5 tahun Penobatan Yang Dipertuan Agung Raja XII Rantau Kampar

Festival Gunung Sahilan 2022 Berlangsung Khidmat dan Meriah

AKURATNEWS - Puncak Festival Gunung Sahilan 2022 yang digelar di Komplek Istana Darussalam Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan berlangsung khidmat dan meriah.

Puncak kegiatan yang digelar Sabtu, 22 Januari 2022 ini diisi dengan berbagai acara.

Seperti penabalan perangkat kerajaan dan Laskar Dubalang Panglima Kerajaan dan Haul mengenang raja-raja terdahulu. Untuk rangkaian acara sudah digelar sejak tanggal 8 Januari 2022 lalu.

Hadir dalam puncak kegiatan ini Wakil Gubernur Riau, Wakapolda Riau, Sekda Siak, Ketua DPRD Kampar, Sekjen DPP Pemuda Melayu, Hendi Sutarsa, Wakil Ketua Umum DPP Pemuda Melayu, Hariman Siregar SH.MH, Panglima Kesultanan Ternate yang juga Panglima DPP Pemuda Melayu Haji Ka'ab Richard dan tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia Pelaksana Festival Gunung Sahilan 2022, Syahrozie mengatakan, kegiatan ini adalah serangkaian acara kegiatan masyarakat dalam rangka memperingati 5 tahun Penobatan Seri Paduka Yang Dipertuan Agung Raja XII Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan sekaligus penabalan perangkat kerajaan dan laskar dubalang panglima kerajaan dan Haul mengenang raja-raja terdahulu.

Event ini dikemas secara ringkas dan ringan dalam kemasan kegiatan akhir pekan masyarakat. Diharapkan output dari kegiatan tersebut adalah Kampar Kiri akan memiliki sarana dan prasarana yang mumpuni.

Serta meningkatkan peran dan pertumbuhan industri jasa, pariwisata dan khsususnya wisata sejarah yang banyak dimiliki daerah Riau.

Dimana Kampar Kiri adalah salah satunya, yaitu wisata sejarah kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan yang merupakan satu-satunya kerajaan adat dan ibadat di Riau.

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menjalinkan kemitraan dan kebersamaan serta kerjasama antar lembaga, instansi baik pemerintah dan kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan sebagai institusi kearifan lokal masyarakat adat di Kampar Kiri dan juga korporasi/perusahaan yang melakukan kegiatan usaha di Riau serta Kampar Kiri," terang Pria yang juga Wakil Ketua Umum DPP Pemuda Melayu ini..

Syahrozie menambahkan, tujuan kegiatan ini adalah yang pertama mempererat tali persaudaraan sesama warga di wilayah Riau dan Kampar Kiri.

Kemudian yang kedua adalah memeriahkan ulang tahun kelima Penobatan Seri Paduka Yang Dipertuan Agung Raja XII Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan sebagai institusi adat yang merupakan perwujudan kearifan lokal masyarakat Kampar Kiri.

"Ketiga, melestarikan adat dan budaya dan minat masyarakat terhadap kesenian tradisional Kampar Kiri. Keempat mendukung kelestarian tradisi dan kearifan lokal di Kampar Kiri. Kelima mengangkat dan mengenalkan potensi wisata sejarah selain potensi wisata alam di Kampar Kiri. Keenam, membangun kreativitas dan kebersamaan di masyarakat," ucapnya.

Yang ketujuh adalah memupuk jiwa sportifitas dalam kegiatan lomba yang diselenggarakan.

Kedelapan meningkatkan semangat juang dalam meraih prestasi diantara masyarakat yang ikut berpartisipasi dan yang kesembilan adalah mendukung program wisata Ayo ke Riau yang telah dicanangkan Pemerintah Provinsi Riau.

"Kita harapkan kegiatan ini akan terus bisa kita laksanakan secara rutin setiap tahunnya," pungkasnya.***

Penulis: Ahyar

Baca Juga