oleh

Fiat Bayar Denda, Gunakan Software Kelabui Batas Emisi

Jakarta, Akuratnews.com – Fiat Chrysler Automobiles NV dikabarkan akan membayar lebih dari $ 700 juta untuk menyelesaikan tuntutan hukum dari Departemen Kehakiman AS dan pemilik diesel atas klaim menggunakan perangkat lunak ilegal terhadap 104.000 kendaraan diesel yang mengeluarkan emisi berlebih.

Fiat Chrysler akan membayar $ 311 juta dalam hukuman sipil kepada regulator AS dan California, sekitar $ 75 juta untuk negara bagian yang menyelidiki kelebihan emisi dan dana tambahan untuk mengimbangi emisi berlebih dari mobil yang lebih tua. Juga akan membayar $ 280 juta untuk menyelesaikan gugatan oleh pemilik.

Fiat Chrysler membantah melakukan kesalahan dan sebelumnya mengatakan tidak pernah ada upaya untuk membuat perangkat lunak untuk menipu aturan emisi. Pada bulan Oktober, perusahaan menyisihkan 713 juta euro ($ 815 juta) untuk menutup biaya potensial yang terkait dengan kasus ini.

Secara terpisah, Robert Bosch GmbH pemasok mobil Jerman yang membuat beberapa komponen untuk mesin diesel Fiat Chrysler, diperkirakan akan mengumumkan akan menyelesaikan gugatan dari pemilik AS sebesar $ 30 juta.

Badan Perlindungan Lingkungan AS mengatakan akan membuat “pengumuman tindakan sipil yang signifikan untuk mengatasi kecurangan pada tes emisi-otomatis federal.”

Departemen Kehakiman menggugat Fiat Chrysler pada Mei 2017, menuduhnya menggunakan perangkat lunak ilegal yang menyebabkan emisi berlebih pada 104.000 kendaraan diesel AS dari model tahun 2014-2016.

Komentar

News Feed