Firli Bahuri Tegaskan KPK Tidak Ada Bukti Keterlibatan Ganjar Pranowo dalam Kasus Korupsi KTP-el

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.|| dok. Istimewa
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.|| dok. Istimewa

AKURATNEWS - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) didesak mengusut kembali nama-nama yang disebut dalam perkara dugaan korupsi pengadaan KTP-elektronik (KTP-el), salah satunya adalah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Menanggapi desakan tersebut, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Firli Bahuri mengaku belum menemukan cukup bukti keterlibatan Ganjar Pranowo dalam kasus KTP-el.

"Sampai hari ini, tidak ada bukti yang mengatakan bahwa yang disebut tadi (Ganjar Pranowo) melakukan suatu peristiwa pidana" kata Ketua KPK Firli Bahuri, di Jakarta, Kamis, 28 April 2022

"Kalau ada kami bawa, tetapi kan sampai hari ini tidak ada," sambungnya.

Firli menyatakan bahwa lembaganya bekerja sesuai dengan kecukupan bukti. "Tidak boleh kami menetapkan seseorang menjadi tersangka tanpa ada bukti" ucap Firli.

Ia mencontohkan jika ada seseorang yang diduga terlibat dalam peristiwa pidana, namun tidak cukup bukti maka harus dihentikan.

"Justru kalau seandainya kami menyebut seseorang tanpa ada bukti itu keliru, inilah namanya kepastian hukum dan inilah juga namanya kepastian keadilan," ujar Firli.

Selain itu, ia juga menegaskan KPK bekerja sesuai dengan aturan perundangan-undangan, bukan dari isu yang dibuat oleh sumber yang tidak jelas.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Wahyu Wicaksono
Editor: Ahyar

Baca Juga