Forza Gli Azurri! Donnaruma Hadang Morata, Italia ke Final Euro 2020

Tendangan 'pisang' Frederico Chiesa yang bikin melongo kiper Unai Simon. (Reuters)

AKURATNEWS - Lewat suasana dramatis, Gli Azurri Italia memastikan posisi di final Euro 2020. Skuad Roberto Mancini membungkam La Furia Roja Spanyol lewat drama adu penalti dengan skor 4-2 usai bermain imbang 1-1.

Laga ini berlangsung ketat. Kedua tim yang sohor di liga domestiknya ini saling serang sejak babak pertama dimulai. Italia langsung mengancam lewat sepakan gelandang Inter Milan, Nicolo Barella.

Pemain yang mencetak satu gol ketika Italia mengalahkan Belgia di perempatfinal Euro 2020 itu mengarahkan bola ke sisi kanan gawang Spanyol yang dijaga Unai Simon. Simon sudah mati langkah, namun sepakan Barella hanya mengenai tiang gawang. Hakim garis pun mengangkat bendera tanda Barella sudah berada di posisi offside sebelum menerima umpan dari Emerson.

Spanyol pun tak diam, sepakan Dani Olmo pada menit ke 25 usai menerima umpan Mikel Oyarzabal sudah mengarah ke gawang, tetapi kiper Italia, Gianluigi Donnarumma  melompat dan menepis bola hasil sepakan Olmo. Usai itu, Spanyol juga mampu menambah dua tembakan meski belum juga berbuah gol. Babak pertama pun berakhir dengan skor 0-0.

Masuk babak kedua, Italia pun mampu membuka kebuntuan. Lewat tendangan 'pisang' Federico Chiesa, gawang Spanyol pun jebol. Kiper Unai Simon hanya mampu melongo melihat bola deras melengkung itu mengoyak jala gawangnya.

La Furia Roja pun seperti tersengat, mereka menggencarkan serangan. Upaya ini berbuah hasil saat laga memasuki menit ke 80. Alvaro Morata yang datang dari bangku cadangan menggantikan Ferran Torres mampu membobol gawang Donnarumma setelah memanfaatkan assist Dani Olmo. Penyerang Juventus itu berhasil mengecoh kiper Donnarumma lewat tendangan datarnya.

Skor 1-1 pun bertahan hingga 90 menit pertandingan usai dan pertandingan lanjut ke babak tambahan. Spanyol pun menggiatkan serangannya ke gawang Italia. Sejumlah penyelamatan gemilang pun berhasil dilakukan Donnaruma.

Italia pun serupa. Bahkan Domenico Berardi sempat menggetarkan gawang Spanyol di menit ke 110. Namun gol tersebut dianulir karena Berardi berada dalam posisi offside.

Setelah peluang ini, kedua tim tak mampu menciptakan peluang berarti. Skor imbang 1-1 pun bertahan hingga 2 x 15 menit babak tambahan waktu usai.

Pememang laga semfinal ini pun harus ditentukan lewat adu penalti. Italia mendapat giliran menendang lebih dulu. Manuel Locatelli ditunjuk sebagai algojo pertama. Sayang, gelandang Sassuolo itu gagal. Sepakannya mampu ditepis Unai Simon.

Namun hal yang sama dialami penendang pertama Spanyol, Dani Olmo. Ia juga gagal mengeksekusi penalti lantaran bola sepakannya melambung di atas mistar.

Setelah itu, empat eksekutor dari Italia mampu menuntaskan tugas dengan baik. Andrea Belotti, Federico Berdardeschi, dan Jorghinho sukses menjebol gawang Simon. Sementara Spanyol, hanya dua eksekutornya, yakni Thiago Alcantara dan Gerard Moreno yang mampu menceploskan gol.

Dan Donnaruma seakan tak mau lagi kecolongan lagi oleh Morata. Hasilnya, kiper AC Milan ini mampu menghadang sepakan striker Juventus ini. Morata pun menyusul Dani Olmo yang gagal menjebol gawang Italia.

Skuad Italia merayakan kemenangan usai memastikan skor 4-2 dalam adu penalti.

Kemenangan pun direngkuh Gli Azurri usai Jorghinho dengan mulus melesakkan bola ke gawang Spanyol. Italia dipastikan unggul 4-2 di adu penalti ini.

Skuad Gli Azurri pun lolos ke final dan selangkah lagi merengkuh juara. Mereka pun menunggu lawan hasil semifinal lainnya antara Inggris dan Denmark yang digelar besok.

Dalam laga ini, winger Italia, Federico Chiesa pun terpilih menjadi pemain terbaik.  Kontribusinya bagi Italia plus tendangan 'pisang' nya mampu mematikan langkah kiper Spanyol, Unai Simon.

Forza Gli Azurri!

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga