FPPKNI Deklarasi Pembentukan, Ini 4 Deklarasi yang Diusung

Deklarasi Forum Peduli Profesi Keperawatan Nasional Indonesia (FPPKNI), di Jakarta, Selasa 5 Oktober 2021.

Jakarta, Akuratnews.com - Keberadaan perawat tak dapat dihilangkan dari keberadaan sebuah bangsa, terlebih bangsa Indonesia yang diketahui sebagai bangsa yang merdeka dari hasil perjuangan, yang mana peran perawat dalam perjuangan tak lepas dari kemerdekaan yang direbut.

Keberadaan perawat pun seakan kembali timbul bagaimana kehadirannya diibaratkan seperti pahlawan saat Covid-19 merebak masuk ke tanah air. Bukan hal yg mudah menjalankan profesi ini, ratusan perawat menjadi korban akan ganasnya Covid-19. Menjadi pertanyaan besar, bagaimana peran perawat yang begitu berat, apakah sudah mendapat tempat serta penghargaan yang setimpal?

Forum Peduli Profesi Keperawatan Nasional Indonesia (FPPKNI) mendeklarasikan diri sebagai organisasi yang akan menjadi wadah kepedulian kepada perawat di tanah air. Bukan menjadi tandingan dengan keberadaannya terkait organisasi perawat di bawah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). Namun, hadirnya FPPKNI diharapkan akan menjadi oase bagi perawat di tanah air dengan segudang harapan akan masa depan perawat.

Ketua FPPKNI, Prof. Dra. Elly Nurrachmah, SKp, M.App.Sc, DNSc mengatakan melihat perkembangan Organisasi Profesi keperawatan saat ini dan dinamika yang terjadi di tubuh PPNI, para profesional keperawatan yang tergabung dalam Guru Besar (GB) dan Senior Nursing Group (SNG) merasa terpanggil untuk ikut mengawal dan memberi masukan untuk pengembangan keperawatan di Indonesia, yang diawali dengan membentuk suatu forum/presidium yaitu Presidium Forum Peduli Profesi Keperawatan Nasional Indonesia (FPPKNI).

"FPPKNI ini merupakan forum keperawatan profesional yang bersifat independen yang peduli terhadap profesi keperawatan di Indonesia. Sehingga diharapkan dapat memberikan berbagai masukan untuk kepentingan profesi keperawatan," ujarnya saat Deklarasi di Jakarta, Selasa 5 Oktober 2021.

Lebih jauh dia mengatakan, pembentukan forum ini merupakan bukti nyata kepedulian para guru besar dan para senior/pakar keperawatan (SNG) terhadap profesi keperawatan di Indonesia.

"Sebagai forum resmi nasional yang bersifat independen diharapkan mampu mengkawal kehidupan dan perkembangan profesi dengan baik, benar dan bermartabat sehingga menjadi profesi yang diakui dan dihargai karena kemanfaatannya bagi masyarakat secara nasional dan global, " imbuhnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga