Fraksi Gerindra Terus Memantau Keseriusan Pemprov Tangani COVID-19 di Sumut

Anggota DPRD Sumut, Gusmiyadi
Anggota DPRD Sumut, Gusmiyadi

Sumut, Akuratnews.com - Fraksi Partai Gerindra Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), terus memantau keseriusan Pemerintah Provinsi dalam upaya penaggulangan wabah Virus Corona di Sumatera Utara. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Fraksi Partai Gerindra Gusmiyadi kepada Akuratnews.com, Jumat ( 24/04/2020).

Apresiasi terhadap Gubernur yang intens melakukan safari dan memberikan arahan ke daerah-daerah, "Secara psikologis ini penting, agar masyarakat merasa lebih tenang dalam menghadapi suasana yang tidak menentu ini, " jelas Gusmiyadi.

Meskipun demikian, Fraksi Gerindra berharap agar Pemprov menyiapkan strategi terbaik untuk memyelamatkan UMKM dan koperasi di Provinsi Sumatera Utara.

"Saya yakin lebih dari 80 persen mereka sedang bertarung mati-matian menghadapi situasi ini. Kita sudah masuk pada fase krisis kesehatan, kita juga harus menciptakan kanal guna menghindari krisis ekonomi, " jelasnya.

Sekretaris Fraksi Partai Gerindra, percaya bahwa Gubernur Sumut memiliki pengalaman menghadapi situasi sulit.

"Dulu saat krisis 1997, UMKM ini memjadi andalan kita. Tapi kini, mereka justru tersungkur. Kita mesti selamatkan dan Pak Gubernur pasti melihat ini sebagai skala prioritas, seperti apa yang telah disampaikan beliau beberapa waktu yang lalu dibanyak media. Tapi kita perlu segera tau apa dan bagaimana langkah-langkah penyelamatan itu, " ungkapnya.

Dilevel kementerian, mereka sudah rumuskan 8 langkah menyelamatkan UMKM dan koperasi. Dari restrukturisasi dan subsidi bunga kredit dan pajak hingga membuat format online belaja warung tetangga.

"Nah, di Sumut Pak Gubernur dapat merinci strategi penyelamatan dengan Kadis Koperasi dan UMKM untuk ciptakan solusi. Hal ini mendesak untuk dilakukan, meskipun kami tau Dinas Koperasi dan UMKM tidak masuk dalam struktur Gugus Tugas. Padahal fungsinya sangat strategis dalam menyelamatkan masa depan perekonomian rakyat bawah kita, " ungkap Gusmiyadi.

Penulis: Yohanes Marto

Baca Juga