FSPMI Depok Imbau Menaker Hanif Tidak Dipilih sebagai Caleg

Menaker Hanif Dhakiri. (istimewa)
Menaker Hanif Dhakiri. (istimewa)

Jakarta, Akuratnews.com - Ketua Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Depok, Wido Pratikno mengimbau agar Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri tidak dipilih sebagai calon anggota legislatif (Caleg). Hal itu menyusul sejumlah kebijakannya yang dinilai tidak berpihak pada kaum buruh.

Diantaranya ialah menaikan upah minimum provinsi (UMP) tahun 2019 berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. PP tersebut membuat upah buruh hanya naik 8,03 persen, sehingga Hanif disebut menteri yang tidak pro buruh, melainkan pro pengusaha.

"Ini menteri bukan menteri tenaga kerja, tapi menteri pengusaha," ujar Wido saat berorasi pada unjuk rasa ribuan massa buruh di depan Gedung Kementerian Ketenagakerjaan, Setia Budi, Jakarta Selatan, Rabu (24/10/2018).

Pihaknya juga menyesalkan sikap Menaker Hanif yang justru menyimpan nilai negatif terhadap buruh. "Dimana-mana serikat pekerja katanya hanya orang-orang pengangguran," kenang Wido.

Untuk itu, ia mengingatkan agar masyarakat tidak memilih menteri yang dianggap tidak pro buruh. "Jangan pilih Caleg yang tidak pro buruh atau pro rakyat," tandasnya.

Seperti diketahui, Menaket Hanif maju sebagai Caleg dari paryainya yakni PKB dalam Pileg 2019 mendatang. Ia dicalonkan pada daerah pemilihan Depok Jabar VI. (Ysf)

Penulis:

Baca Juga