Gairah dan Destinasi Baru Seni Ibukota

Galeri Kreasi Perupa Jakarta, Gebrakan Berani di Tengah Pandemi

Jakarta, Akuratnews.com - Walau masih dalam masa pandemi Corona (Covid-19), Komunitas Perupa Jakarta Raya resmi membuka Galeri Kreasi Perupa Jakarta yang berlokasi di Pasar Gembrong Baru, Jakarta Timur.

Peresmian Galeri Kreasi Perupa ini langsung dilakukan Walikota Jakarta Timur, M. Anwar bersama Ketua Perupa Jakarta, Andi Suhandi, Arya Simbaru dari PESONA dan Koordinator Perupa Jakarta, Revoluta.

Anwar dalam kesempatan ini mengapresiasi pelaku seni di galeri ini yang telah berani melakukan gebrakan baru di tengah pandemi dengan membuka galeri di Pasar Gembrong Baru.

"Kedepannya harus ada intervensi dari dinas terkait, juga perlu publikasi khusus tentang tempat dan kegiatan di sini. Perlu kita didukung penuh untuk memajukan tempat ini,” ujar Anwar.

Ia juga berharap agar semua pihak yang terkait dengan galeri ini tak pesimis akan keberadaan galeri seni yang mencoba eksis di tengah masa pandemi saat ini.

"Jangan pesimis dulu, kita buka dulu. Nanti kita coba intervensi terus. Insha Allah akan menjadi gairah baru bagi pelaku dan pecinta seni di Jakarta Timur," tandasnya seraya mengingatkan jika protokol kesehatan tetap harus dijalankan dengan disiplin di tempat ini.

Di kesempatan yang sama, Ketua Perupa Jakarta, Andi Suhandi mengatakan, pembukaan galeri seni ini juga memiliki arti sebagai sebuah gerakan budaya secara terus menerus dan simbol sinergi antara perupa dan masyarakat.

"Kita berharap tempat ini jadi destinasi budaya, pengetahuan dan seni di Jakarta Timur khususnya," ucap Andi.

Di Galeri Kreasi Perupa Jakarta ini, jelas Andi, ada 35 kios dengan 65 perupa yang berkumpul dan berkreasi. Ada beragam barang kesenian, mulai dari lukisan, patung, dan bingkai foto yang biasa menjadi incaran para komunitas dan kolektor benda antik.

Bagi penikmat musik, ada juga kios-kios yang menjajakan kaset, piringan hitam dan sekaligus pemutar piringan hitam serta kaset.

"Ini akan terus berkembang, perupa akan terus berkumpul," ucap Andi lagi.

Kedepannya, Galeri Kreasi Perupa Jakarta juga akan menggelar acara seni seperti festival musik, melukis bersama dan beberapa lomba seni lainnya.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga