Galian C di Desa Sijudo Menyalahi Aturan

Aceh Timur, Akuratnews.com - Penambang galian C yang berada di dusun Sijuk Desa Sijudo Kecamatan Indra Makmu Kabupaten Aceh Timur menyalahi aturan karena sesuai dengan peraturan Menteri kehutanan nomor : P43/ menhut-li/ 2008 tentang pedoman pinjam pakai kawasan hutan ( permenhut P43 2008 ).

Dimana sampai hari ini pihak penambang belum pernah sama sekali mengajukan kepada kementrian kehutanan ataupun pihak perusahaan pemilik Hutan Tanaman Industri yaitu PT. Rimba Timur Sentosa.

Penangung jawab PT. Rimba Timur Sentosa sudah beberapa kali menjumpai dan menghubungi pihak penambang agar segera mengajukan pijam pakai kepada perusahaan tetapi tidak di gubris, bahkan mereka terang-terangan mengatakan bahwasanya mereka sudah mendapat izin dari dinas pertambangan kabupaten Aceh Timur.

Mekanisme perizinan adalah rekomendasi kepala desa, camat, dinas kehutanan dan pertambangan untuk mendapat kan izin galian C. Sementara bagaimana bisa kawasan yang jelas-jelas merupakan kawasan Hutan Tanaman Industri milik PT. Rimba Timur Sentosa yang sudah memiliki izin sejak tahu 1984 dapat dikeluarkan izin.

Penambangannya tanpa melalui mekanisme yang benar. Pihak perusahaan sudah jauh- jauh hari mengingatkan apabila tidak terus di indahkan maka akan melaporkan praktek penambangan galian C yang berada di sungai sijuk desa Sijudo kecamatan indra makmu kabupaten Aceh Timur kepada aparat penegak hukum untuk di tindak lebih lanjut.

Jurnalis: Chaidir
Publisher: Ahmad

Penulis:

Baca Juga