Galon Sekali Pakai Dinilai Membawa Masalah, Daur Ulang Bukan Solusi Terbaik dalam Pengurangan Sampah

Ilustrasi sampah plastik botol kemasan/pixabay

Daur Ulang Bukan Solusi

Indonesian Center for Environmental Law Fajri Fadillah memaparkan industry daur ulang tidak bisa menjadi solusi dalam pengurangan plastik di lingkungan. Meskipun industry daur ulangnya ke depan sudah menyebar di seluruh Indonesia, biaya daur ulang itu akan lebih besar dibanding policy penggunaan plastic sekali pakai.

“Dalam arti sebelum berbicara daur ulang, kita perlu sistem guna ulang perlu dikembangkan. Karena daur ulang sesempurna apapun, yang namanya plastik saat dilakukan daur ulang akan menurun kualitasnya. Jadi daur ulang tidak bisa menjadi harapan, karena plastik tidak bisa didaur ulang secara terus menerus. Saat produk plastik tidak bisa didaur ulang akan berakhir di TPA atau lingkungan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, untuk industri daur ulang sampa plastik masih mengandalkan pulau Jawa. Karena industri daur ulang sampah plastik di daerah, masih menjadi permasalahan tersendiri. Sampah-sampah plastik yang tersebar di kota-kota lain di luar pulau Jawa, harus dikirim kembali ke pulau Jawa untuk dilakukan daur ulang.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga