Game Over, Desember Besok Microsoft Matikan Windows Phone 8.1

Windows Phone 8.1 (ilustrasi).

Jakarta, Akuratnews.com – Kisah matinya platform Windows pada smartphone bukanlah yang pertama, sebelumnya Windows juga pernah menghentikan seluruh pengembangan Windows Mobile pada dekade lalu akibat kalah populer jika dibandingkan Android dan iPhone.

Kini cerita sedih terulang kembali, kali ini menimpa Windows Phone 8.1. Sebagaimana dilaporkan, Microsoft berhenti mengembangkan Windows Phone 8.1 pada Juli 2017. Artinya, ponsel yang menjalankan OS itu tidak akan lagi mendapat pembaruan software. Sekarang, perusahaan bersiap untuk mengubur sepenuhnya dan mematikan app store.

Mulai 16 Desember 2019, pengguna Windows Phone 8.1 tidak bisa lagi mengunduh aplikasi. Jadi jika Anda menghapus aplikasi atau me-reset factory ponsel Anda, tidak akan ada cara untuk mengunduhnya kembali.

Selain itu, aplikasi tidak akan menerima pembaruan. Mungkin saja beberapa orang akan mengalami kerusakan fungsi karena layanan Microsoft juga mati.

Sekarang, ada 17 model ponsel Lumia yang bisa di-upgrade ke Windows 10 Mobile. Jika ponsel Anda masih menjalankan WP8.1, sekarang Anda memiliki alasan yang baik untuk memperbaruinya.

Perlu diperhatikan, dukungan resmi untuk Windows 10 Mobile juga sudah berakhir untuk beberapa model. OS akan benar-benar berakhir untuk semua model pada akhir tahun ini. Namun app store akan tetap beroperasi.

Untuk menginstal pembaruan, Anda harus mengunduh aplikasi Upgrade Advisor di ponsel Anda (lakukan sebelum 16 Desember) atau alat PC updater.

Berikut adalah daftar semua Lumia yang memenuhi syarat untuk pembaruan Windows 10 Mobile yang dikutip dari situs Selular:

Microsoft Lumia 430
Microsoft Lumia 435
Microsoft Lumia 532
Microsoft Lumia 535
Microsoft Lumia 540
Nokia Lumia 635 (only 1GB RAM variant)
Nokia Lumia 636
Nokia Lumia 638
Microsoft Lumia 640
Microsoft Lumia 640 XL
Nokia Lumia 730
Nokia Lumia 735
Nokia Lumia 830
Nokia Lumia 929
Nokia Lumia Icon
Nokia Lumia 930
Nokia Lumia 1520. (*)

Penulis: Hugeng Widodo
Editor:Ahmad Ahyar

Baca Juga