Gandeng BIZCUBE, BEM STM PPM Manajemen Gelar START Keenam

Gelaran START Keenam yang turut menghadirkan Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia pada acara START 6.0!.

Akuratnews.com - Gelaran START yang digagas oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen PPM (BEM STM PPM), kembali digelar, yang kali ini menggandeng BIZCUBE dalam palaksanaannya. Dalam pelaksanaannya, START adalah acara tahunan yang diselenggarakan dalam bentuk seminar/webinar bertemakan kewirausahaan yang ditujukan bagi generasi muda, baik mereka yang telah maupun baru berminat menjadi entrepreneur.

Pada tahun 2021, BEM STM PPM bekerja sama dengan BIZCUBE, yakni inkubator bisnis STM PPM, menyelenggarakan START yang keenam (START! 6.0) dengan format online dan konsep acara yang lebih valuable bagi para pelaku usaha yang terdiri dari Insight Session dan Skills Session.

Ketua Sekolah Tinggi Manejemen PPM Profesor Bramantyo Djohanputro mengatakan, melihat kebutuhan secara primer bagi bisnis untuk dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan zaman dan teknologi serta iklim bisnis yang menjadi sangat terdisrupsi akibat adanya efek pandemi Covid-19 selama periode 2020 ini. START yang keenam (START! 6.0) mengangkat tema “Agile Entrepreneurship for The Next Normal”.

"Diharapkan acara ini dapat berkontribusi di dalam memberikan insight bagi para pelaku usaha dalam menghadapi era the next normal dan memberikan pengembangan keterampilan (skills) yang terkait dengan digital marketing yang dapat mereka manfaatkan dalam mengembangkan usaha," ujarnya dalam release resminya, 2 Agustus 2021.

Lebih jauh Prof. Bram menjelaskan, START! 6.0 diselenggarakan dengan harapan mampu memberikan wawasan (insight) dan pengetahuan kepada peserta seputar dunia bisnis/usaha pada situasi next normal, khususnya terkait dengan bagaimana para pelaku usaha mesti merespon dalam menghadapi situasi ini.

"Memberikan pengetahuan kepada peserta untuk membangun keterampilan di bidang digital marketing yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha," imbuhnya.

"Memperkenalkan Sekolah Tinggi Manajemen PPM dan Bizcube sebagai inkubator bisnis Sekolah Tinggi Manajemen PPM kepada masyarakat luas sebagai bekal awal untuk membuka peluang kerjasama/kolaborasi dengan berbagai pihak dalam bidang pengembangan kewirausahaan. Memberikan pengalaman kepada mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen PPM untuk belajar berorganisasi dalam menyelenggarakan kegiatan berskala nasional," lanjutnya.

Seperti START sebelumnya, START 6.0! dilaksanakan dalam jaringan (daring). Hal ini dikarenakan situasi pandemi yang masih berlangsung di Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah masih melarang diselenggarakannya kegiatan yang menimbulkan kerumunan.

Pada pelaksanaannya, START 6.0 memiliki dua rangkaian acara, yaitu Skills Session dan Insight Session. Skills Session merupakan kelas online yang berfokus mengajarkan peserta akan keterampilan tertentu yang dibutuhkan dalam menjalankan suatu usaha dengan pembahasan yang dikemas secara terperinci.

Insight Session merupakan acara berbentuk webinar dan talkshow bertujuan memberikan pengetahuan lebih bagi peserta akan pengetahuan seputar dunia usaha.

“Indonesia tumbuh dan Indonesia tangguh ini membutuhkan agile entrepreneurship,” kata Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia pada acara START 6.0!.

Pernyataan tersebut semakin meneguhkan bahwa Agile entrepreneurship, yang menjadi positioning yang mau digadang-gadangkan oleh Sekolah Tinggi Manajemen PPM, memang sangat dibutuhkan dan relevan dengan tantangan yang sedang dihadapi.

Penulis:

Baca Juga