Gandeng Developer Terbaik di Jawa Timur, BRI Syariah Berkomitmen Salurkan KPR FLPP

Surabaya, Akuratnews.com - Bank penyalur pembiayaan perumahan melalui skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) mengejar target. Ambil contoh PT Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRI Syariah).

Sejak 2012 hingga saat ini, BRI Syariah sudah menyalurkan FLPP kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebanyak 27 ribu KPR FLPP untuk masyarakat Indonesia.

BRI Syariah berkomitmen untuk menyalurkan pembiayaan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) kepada masyarakat bersama pengembang perumahan terbaik. Hal tersebut ditegaskan oleh Direktur BRI Syariah Kokok Alun Akbar dan CEO PT Kinansyah Group, Abdus Salam, Kamis (7/11/2019) di Festival Ekonomi Syariah Surabaya.

PT Kinansyah Group juga dikenal sebagai salah satu developer FLPP terbaik di Jawa Timur. “BRIsyariah sudah tujuh tahun menyalurkan KPR FLPP. Kami menjadi Bank Umum Syariah yang paling banyak menyalurkan KPR FLPP. Ini artinya kami mendukung penuh Program Satu Juta Rumah yang diinisiasi pemerintah,” kata Kokok dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Kamis (7/11/2019).

Kokok menambahkan, penyaluran FLPP kepada MBR akan terus dilakukan oleh unit kerja BRI Syariah di seluruh Indonesia. Sebab, manajemen BRI Syariah berkomitmen untuk menyelesaikan sisa kuota FLPP pada kuartal ketiga 2019.

Kokok mengaku secara umum penyaluran FLPP kepada MBR yang dilakukan oleh BRI Syariah relatif tidak mengalami kendala yang berarti.

"Jikapun ada, hanya menyangkut persyaratan pernyataan kelaikan fungsi bangunan sebagai syarat akad yang harus dipenuhi oleh pengembang. Ini sesuai persyaratan yang ditetapkan oleh Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)," jelas Kokok.

KPR bersubsidi diperuntukkan bagi masyarakat yang belum pernah memiliki rumah dan belum pernah menerima FLPP dari Kementerian PUPR. Harga rumah yang bisa difasilitasi pembiayaannya adalah rumah sederhana dengan maksimal luas lantai 36 meter persegi. Fasilitas ini diperuntukkan bagi rumah dengan harga Rp130-Rp140 juta.

Penulis: Aris
Editor:Redaksi

Baca Juga