Gandeng Menggarai Barat, Kominfo Targetkan 20.000 Warga NTT Jadi Talenta Digital

AKURATNEWS - Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur dalam mengembangkan talenta digital.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo, Hary Budiarto menjelaskan kerja sama penyelenggaraan Program Digital Talent Scholarship itu menargetkan 20.000 warga di NTT bisa lebih cakap digital.

“Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat diminta Menkominfo Johnny G. Plate agar bisa meningkatan talenta digital warga NTT terkait literasi digital, talenta digital, dan digital leadership. Total keseluruhan ditargetkan sebanyak 20.000 orang,” tuturnya usai Penandatanganan MoU Kerja Sama Balitbang SDM Kementerian Kominfo dengan Pemkab Manggarai Barat untuk Pelaksanaan Program DTS sebanyak 5000 orang Tahun 2022, di Ayana Hotel, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Jumat (10/12/2021).

Di antara target 20.000 orang itu, Kabalitbang SDM Hary Budiarto menyatakan ada pelatihan yang ditujukan mengasah kompetensi digital Aparatur Sipil Negara.

“Jadi kita sedang menyiapkannya, terutama untuk Aparatur Sipil Negara melalui Government Transformation Academy. Penyusunan materinya melibatkan Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Ditjen Aplikasi Informatika,” jelasnya.

Menurut Hary Budiarto dalam GTA-DTS, peserta pelatihan akan belajar untuk menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan menggunakan Super Apps Desa.

“Kita ajarkan bagaimana masyarakat desa atau aparat pemerintahan desa yang berada di wilayah di Kabupaten Manggarai Barat untuk bisa menerapkan SPBE, menggunakan aplikasi yang dinamakan Super Apps Desa. Jadi, kita laksanakan bersama-sama dan ini atas perintah dari Pak Menkominfo Johnny G. Plate,” ungkapnya.

Tak hanya itu saja, Balitbang SDM Kementerian Kominfo juga membuka pelatihan untuk guru SD, SMP, SMA. “Kita akan latih melalui Thematic Academy, juga memakai aplikasi yang disiapkan oleh Direktorat LAIP Ditjen Aptika, tentang bagaimana pelaksanaan ujian dengan metode virtual school. Ini akan kita wujudkan di Kabupaten Manggarai Barat,” tegas Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Putra Tobing

Baca Juga