Ganguan Sutet 500 Kv Sudah Kembali Normal

Ilustrasi

Semarang, Akuratnews.com - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY memastikan, gangguan pada sistem Saluran Utama Tegangan Extra Tinggi (SUTET) 500 kV antara Pedan, Klaten dan Kesugihan, Cilacap sudah kembali normal.

Plt Manager Sub Bidang Komunikasi, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY Haris mengaku, sudah tidak ada lagi pemadaman listrik di wilayah yang terdampak.

"100 persen sudah kembali normal," katanya, Rabu (12/2).

Disinggung terkait dengan penyebab gangguan tersebut, Haris mengaku belum bisa memberikan informasi karena belum mendapatkan kabar pasti penyebab gangguan. Namun, yang pasti lanjut dia, saat ini kondisi sudah kembali normal.

"Tadi malam sekitar pukul 20.30 sudah kembali normal semua, dan tidak ada pemadaman," ucapnya.

Dia menjelaskan, ketika terjadi gangguan, secara bertahap PLN melakukan penormalan dengan memindahkan beban listrik ke jaringan lainnya. Tim PLN melakukan upaya pengecekan untuk mengetahui penyebab ganguan tersebut, dan upaya perbaikan untuk mempercepat pemulihan sistem kelistrikan.

Diberitakan sebelumnya, sistem Saluran Utama Tegangan Extra Tinggi (SUTET) 500 kV antara Pedan, Klaten dan Kesugihan, Cilacap mengalami ganguan pada Selasa (11/2).

Akibat gangguan tersebut, sebagian besar wilayah di Jawa Tengah bagian selatan dan sebagian DIY mengalami pemadaman listrik, gangguan mengakibatkan pemadaman sebagian pelanggan di wilayah Jawa Tengah dan DIY meliputi, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Purwokerto, Kebumen, Purbalingga, Purworejo, Temanggung, dan Wates.

Berdasarkan informasi yang sempat beredar melalui media sosial, gangguan tersebut terjadi di Interbus Transformer (IBT) 1,2 Kesugihan pada hari Selasa (11/2), pukul 11.42 WIB, yang diindikasikan adanya trip di PLTU Cilacap 560 Megawatt.

Penulis: Redaksi

Baca Juga