Ganjal ATM, Tujuh Pelaku Diciduk Polda Metro Jaya

Jakarta, Akuratnews.com - Polda Metro Jaya menangkap tujuh tersangka pencurian dengan modus mengganjal ATM.

Dalam melakukan aksinya para pelaku ini melakukan peranya masing-masing. Ada yang memantau lokasi, ATM mana yang sepi serta minim pengawasan dan ada yang menjadi eksekutor.

"Saat korbannya akan mengambil uang di ATM-nya tidak keluar, ada pelaku lain yang datang pura-pura membantu korban," Kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jumat (29/11).

Yusri melanjutkan, saat membantu, pelaku menukar dengan ATM  bank yang sama. Lalu pelaku mengembalikan ATM korbannya . Setelah korban pergi baru tersangka mengambil uang dengan ATM korbannya.

"Namun dikarenakan korban dengan cepat membolkir rekeningnya di bank, pelaku belum sempat mengambil uang dari ATM," terangnya.

Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya AKBP Dedy Murti menambahkan, ketujuh orang tersangka berinisial H, FW, HP, A, DD, S dan IM.

Tersangka IM melancarkan aksinya di Jakarta Selatan bersama empat tersangka lainnya yang masih berstatus buron, yakni AC, YA, R, dan YW. Sementara itu, enam tersangka lainnya terakhir beraksi di kawasan Depok, Jawa Barat.

Dedy melanjutkan, tersangka mempelajari cara mengganjal ATM dari YouTube saat ditahan di Lembaga Permasyarakatan.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama tujuh tahun.

Penulis: Suroso
Editor:Redaksi

Baca Juga