Ganjar Pranowo dan Doni Monardo Antar Sutopo ke Peristirahatan Terakhir

Boyolali, Akuratnews.com - Upacara pemakaman jenazah almarhum Kepala Pusdatin dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho selesai dilakukan.

Ribuan pelayat ikut mengantarkan Kepala Pusdatin dan Humas BNPB itu hingga peristirahatan terakhir di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sonolayu, Boyolali, Jawa Tengah.

Jenazah Sutopo masuk ke tempat peristirahatan terakhir sekira pukul 08.50 WIB, Senin (8/7). Prosesi pemakaman yang diawali upacara dipimpin inspektur upacara, Kepala BNPB Letjen (TNI) Doni Monardo dengan komandan upacara, Kurniawan Fajar Prasetyo, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Boyolali.

Gubernur Jateng Ganjar Prabowo dan Wakil Bupati Boyolali M Said Hidayat turut hadir dalam pemakaman Sutopo.

Istri dan kedua anak Sutopo serta kedua orang tuanya dan keluarga turut hadir dalam pemakaman. Raut kesedihan tampak dari wajah-wajah mereka. Bahkan mereka terus didampingi dan dipapah para kerabat.

Doni Monardo dalam sambutannya mengatakan, BNPB sudah berusaha semaksimal mungkin membantu penyembuhan Sutopo. Dokter-dokter terbaik sudah dikerahkan untuk mengobatinya.

"Sutopo sangat luar biasa, yang telah mendedikasikan hidupnya untuk kepentingan bangsa dan negara," ujar Doni.

"Apa yang telah Pak Topo lakukan selama hidupnya, dalam keadaan yang sangat sulit, dalam keadaan sakit, masih bisa memberikan pelayanan publik yang terbaik, memberikan informasi kepada kalayak dan memberikan analisa-analisa atas peristiwa yang terjadi dan langkah-langkah apa yang perlu dilakukan," imbuh Doni.

Sementara, anak Sulung Sutopo, Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho, menyebut, sosok bapaknya sebagai penyayang bagi keluarga.

"Bapak tidak pernah megeluhkan sakit. Apa yang dilakukan selama ini demi bangsa dan negara. Tidak ada pesan khusus dari bapak. Saya mewakili keluarga berterima kasih pada masyarakat yang telah membantu proses pemakaman," kata Ivanka.

Penulis: Rianz
Editor:Ahmad Ahyar

Baca Juga