Gara-gara Cuitan Trump, Dolar AS Turun

Dolar AS terkoreksi setelah cuitan Donald Trump.
Dolar AS terkoreksi setelah cuitan Donald Trump.

Jakarta, AkuratNews  – Dolar AS terkoreksi pada perdagangan akhir pekan setelah cuitan yang dilontarkan oleh Presiden Donald Trump tentang manipulasi suku bunga pada Cina dan Uni Eropa.

Indeks Dolar AS, turun 0,7% ke 94,478 setelah cuitan tersebut. Ini merupakan kinerja terburuk Dolar AS dalam tiga minggu terakhir. Pada minggu ini, indeks turun 0,3%, dan turun 0,2% pada bulan Juli.

Donald Trump dalam akun twitternya, mencuitkan bahwa Cina, Uni Eropa, dan lainnya telah memanipulasi mata uang dan suku bunga mereka lebih rendah, sementara AS menaikkan suku bunga saat menang lebih kuat dan lebih kuat. Seperti biasa, bukan level bermain…

Bukan hanya itu saja, Trump juga mengeluh bahwa Amerika Serikat tidak seharusnya dihukum karena kami melakukannya dengan sangat baik. Pengetatan sekarang menyakiti semua yang telah kita lakukan. AS harus diizinkan untuk merebut kembali transaksi.

Dalam wawancara di CNBC, Trump mengatakan akan menetapkan lebih dari $ 505 miliar barang-barang Cina yang diimpor ke AS. Dengan meningkatkan retorikanya sebagai langkah percekcokan perang dagang yang berkelanjutan.

Kutipan pertama wawancara itu diterbitkan Kamis malam, termasuk kritik Trump terhadap kebijakan moneter The Federal Reserve. Ini menyebabkan dolar AS jatuh ke wilayah negatif. Trump juga prihatin tentang Fed, laporan CNBC. Meski  Trump merobek harapan kenaikan suku bunga Fed, tetapi investor mengharapkan Powell untuk tetap bertahan sesuai dengan rencananya.

Dalam wawancara itu, Trump mengatakan yuan Cina "jatuh seperti batu." Nilai tukar Yuan didalam negeri jatuh 4,2% pada 2018. Mata uang telah diawasi ketat oleh investor, beberapa di antaranya mengkhawatirkan bank sentral dapat mendevaluasi mata uangnya sebagai taktik dalam negosiasi perdagangan. Uang terakhir diambil 6,7689 yuan, turun 0,1% dari Kamis.

PBOC melemah yuan paling banyak dalam dua tahun pada hari Jumat, nilai tukar dolar-yuan 6,7671. Bank sentral menetapkan yuan harian domestik dengan kisaran 2% dalam satu arah. Sementara Yuan diluar negeri diperdagangkan lebih bebas dengan turun 4,1% di tahun ini, dan satu dolar terakhir Dibeli 6,7753 yuan, sedikit berubah.

Mata uang Cina melemah dalam satu tahun kekuatan, mereka berpendapat. "Kedua, PBOC ini pelonggaran kebijakan sementara itu [adalah] masih berusaha untuk kekuatan Beberapa deleveraging." Juga, terbatas biaya yuan nilai tambah yang dikeluarkan Anda dalam proses produksi akan berarti bahwa harga ekspor Tidak akan "sensitif KHUSUSNYA untuk gerakan di nilai tukar yuan, "kata ahli strategi.

Akhirnya, pasar valuta asing menjadi lebih baik oleh dolar yang kuat daripada yuan yang melemah, sementara bank-bank sentral biasanya lebih memilih bergerak mata uang mereka dalam pengelolaan yang sama sebagai kebijakan moneter, depresiasi mata uang adalah alat tumpul dan dapat mempersulit tujuan kebijakan Cina lainnya, termasuk stabilitas keuangan.

Perdagangan tetap menjadi topik yang dominan pada hari itu, dengan pertemuan menteri keuangan G- 20 di Buenos Aires dalam pertemuan puncak yang akan difokuskan pada perdagangan dan ekonomi global. (Lukman Hqeem)

Penulis:

Baca Juga