Angkat Isu Ini, Cinthia Kusuma Rani Sabet Gelar Miss Earth Indonesia 2019

Jakarta, Akuratnews.com - Dara asal Kalimantan Barat, Cinthia Kusuma Rani akhirnya terpilih sebagai Miss Earth Indonesia 2019.

Finalis nomor urut 6 ini mengalahkan 29 finalis lainnya di malam Grand Final Miss Earth 2019 yang dihelat di Grand Ballroom Sun City, LTC Glodok, Jakarta, Sabtu (24/8).

Terpilihnya Cinthia Kusuma Rani ini sedikit unik. Berdasarkan penilaian dewan juri, Cinthia dipandang mampu mengangkat solusi isu kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang belakangan marak terjadi.

Mahkota ajang ini pun resmi disematkan pada Cinthia Kusuma Rani oleh Miss Earth Indonesia 2018, Ratu Vashti Annisa.

Founder Yayasan El JOHN Indonesia, Johnnie Sugiarto mengatakan, salah satu tagline ajang ini adalah 'Indonesia di Panggung Dunia' yang berfokus pada kepeduliah terhadap masalah lingkungan dan kelestarian lingkungan hidup.

"Bukan penghargaan saja yang kami kejar, tapi bagaimana upaya kami mewujudkan mimpi anak-anak muda Indonesia untuk tampil di panggung dunia karena saya yakin anak Indonesia tidak kalah hebat dengan bangsa lain," kata Johnnie.

Sebagai program jangka pendek, lanjut Johnnie, Miss Earth Indonesia 2019 nantinya selain akan mengukuti kontes serupa pada tingkat internasional, juga akan terlibat dalam berbagai kampanye terkait dengan isu-isu lingkungan hidup.

Untuk posisi runner up sendiri ditempati oleh Anindita Pradana Suteja yang sekaligus mengantongi gelar Miss Earth Indonesia Air 2019.

Di urutan ketiga yang juga meraih gelar Miss Earth Indonesia Water 2019 diraih oleh Beivy Marcella Sumampou.

Pemilihan Miss Earth dipersembahkan oleh Yayasan El John Indonesia, El John Pageants dan Jims Honey, serta didukung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Global Compact.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga