PIala AFF U-18 2019

Garuda Muda Cukur Brunei Darussalam

Thu Dau Mot, Akuratnews.com - Kalah kelas, begitulah hal yang bisa disematkan pada Brunei Darussalam saat berhadapan dengan Timnas Indonesia U-18 di pertandingan penyisihan Grup A Piala AFF U-18 2019. Skuad Brunei Darussalam dihajar telak 6-1.

Sejak awal pertandingan yang digelar di Go Dau Stadium, Sabtu (10/8), benteng pertahanan Brunei langsung dirangsek anak asuh Fakhri Husaeni dengan beragam serangan dari semua lini.

Garuda Muda akhirnya bisa membuka keran gol di menit sembilan. Berawal dari aksi yang dilakukan Rendy Juliansyah yang mengirim umpan ke Bagus Kahfi. Tak banyak waktu penyerang berambut kribo ini meneruskannya dengan tengan lob tanpa bisa diantisipasi kiper Brunei Mohammad Riyan.

Jelas keunggulan ini membuat motivasi pemain muda Indonesia makin menebal. Brunei dipaksa bertahan setengah lapangan setelah tekanan silih berganti diberikan pemain Indonesia. Timnas U-18 akhirnya bisa menggandakan skor setelah Bagus dijatuhkan di kotak penalti. Kali ini Rendy yang mencetak namanya di papan skor setelah eksekusinya dari titik penalti mengecoh kiper Brunei.

Dominasi Indonesia terus berlanjut di menit ke-25. Setelah bekerja sama dengan Rendy, Beckham Putra melepaskan tembakan menyusur tanah dari ujung kotak penalti Brunei. Riyan sudah meregangkan tubuhnya, namun bola tetap bersarang di gawangnya.

Tak mau ketinggalan Khairul Imam Zakiri ikut mencetak gol di menit 33 lewat tandukan kepala setelah menerima umpan Saddam Gaffar. Skor 4-0 ini ternyata tak menyurutkan serangan Indonesia. Justru para pemain Indonesia terus memburu gol selanjutnya.

Dan tiga menit jelang jeda, kerjasama yang dilakukan Rendy dan Bagus berakhir dengan gol indah. Umpan Bagus bisa diselesaikan Rendy menjadi gol kelima.

Pola permainan Indonesia di babak kedua tak jauh berbeda. Menekan sejak awal terus diperlihatkan hingga memaksa pemain Brunei bermain bertahan. Brunei hanya sesekali melakukan serangan balik. Sayangnya, upaya mereka selalu bisa dimentahkan barisan pertahanan Indonesia.

Keinginan Brunei untuk menjebol gawang Indonesia akhirnya bisa terjadi. Berawal kegagalan pemain bertahan Indonesia dalam memeragakan perangkap offside. Mohamed Hilmi Sidik sukses mencetak gol buat Brunei di menit 60.

Bagus Kahfi akhirnya bisa menjauhkan selisih gol dengan Brunei di menit 76. Kali ini ia berhasil meneruskan umpan silang Saddam Gaffar yang diteruskan dengan sepakan keras kaki kanan.

Sampai peluit akhir pertandingan dibunyikan skor tidak berubah dan Indonesia berhasil memetik tiga angka.

Sukses ini makin memantapkan posisi Timnas Indonesia U-18 di klasemen sementara Grup A. Dari tiga pertandingan, Garuda Muda mengumpulkan nilai sembilan.

Hal yang patut disyukuri adalah soal produktivitas gol. Hingga pertandingan ketiga, Bagus Kahfi Cs berhasil mencetak 17 gol dan hanya kemasukan dua gol.

Selanjutnya, Indonesia akan bertemu dengan Laos. Jika pada pertandingan yang berlangsung 12 Agustus mendatang Garuda Muda kembali meraih kemenangan, makin membuka peluang Indonesia lolos ke semifinal.

Susunan Pemain:
Brunei Darussalam: 20-Mohammad Riyan; 2-Muhammad Khalid, 5-Dariyal Mohd Zinin, 6-Aisan Aisamuddin, 12-Maverick Lim Soon Heng; 13-Abdul Adib, 14-Amirul Aizad, 21-Muhammad Nazhan, 22-Mohd Saleh Emzah; 10-Muhammad Yazid Said, 9-Muhammad Syafiq Saifuddin.
Pelatih: Stephen Ng Heng Seng

Indonesia: 1-Muhammad Adisatryo; 3-Yudha Febrian, 23-Rizky Ridho, 4- Muhammd Fadil Aksah, 13-Bayu Fiqri; 5-Theo Fillo da Costa Numberi, 10-Rendy Juliansyah, 7-Beckham Putra Nugraha; 20-Bagus Kahfi, 8-Khairul Imam Zakiri, 17-Saddam Gaffar.
Pelatih: Fakhri Husaini

Penulis: Rianz
Editor:Ahmad Ahyar

Baca Juga