Berita Ekonomi Sidoarjo

Gebyar Seribu Wirausaha Baru, Tumbuhkan Perekonomian Masyarakat Sidoarjo

Perusahaan pelat merah diminta untuk terus memantau jalannya penyerapan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Langkah tersebut diambil guna memaksimalkan ekosistem bisnis UMKM. (Foto Wachid Yulianto/Akuratnews.com)
Perusahaan pelat merah diminta untuk terus memantau jalannya penyerapan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Langkah tersebut diambil guna memaksimalkan ekosistem bisnis UMKM. (Foto Wachid Yulianto/Akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo, Jawa Timur memperhatikan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), terutama industri kreatif di wilayah ini, patut diacungi jempol.

Hal itu tampak ketika Pemkab Sidoarjo yang dimotori Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) menggelar kegiatan bertujuan untuk menjaring wirausaha baru, bertajuk "Gebyar Seribu Wirausaha Baru" di lapangan parkir Lippo Hypermart, Sidoarjo, Sabtu (25/5/2019).

Sebagaimana disampaikan Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah saat membuka kegiatan yang berlangsung tiga hari, 24 - 26 Desember 2019 itu, pihaknya akan terus melakukan pembinaan dan pemberdayaan pelaku UMKM di Sidoarjo.

"Selain mengalokasikan dana pembinaan, bantuan permodalan dan memberikan pelatihan bagi pelaku UMKN melalui DKUM Sidoarjo, saya selaku Bupati Sidoarjo akan terus berupaya maksimal agar UMKM di Sidoarjo bisa dikenal masyarakat secara nasional," tandasnya.

Menurut Bupati yang akrab disapa Abah Ipul ini, program "Gebyar Seribu Wirausaha Baru" itu diharapkan mampu menaikkan level pelaku usaha. Yakni, dari pelaku usaha mikro menjadi kecil, lalu meningkat menjadi pelaku usaha menengah.

Dia pun meminta Aparat Sipil Negara (ASN) harus memiliki kreativitas, karena dibutuhkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. "Oleh karena itu, saya mewajibkan satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sidoarjo memiliki satu kreasi dan inovasi baru," pintanya.

Sementara itu, Kepala DKUM Sidoarjo, Mohammad Ainur Rahman mengemukakan, kegiatan kali ini kelanjutan dari sosialisasi program serupa yang belum lama diselenggarakan instansinya. Tujuannya untuk menumbuhkan wirausaha baru di Kabupaten Sidoarjo yang akan membuka peluang kerja bagi masyarakat Sidoarjo.

"Terlaksananya kegiatan ini, bakal menumbuhkan perekonomian masyarakat Sidoarjo dalam skala regional dan nasional," ujar mantan Camat Sukodono ini.

Dalam kegiatan ini, sambung Ainur, pihaknya membuka 30 stand pameran dan promosi produk, serta menghadirkan narasumber pegiat industri kreatif asal Jogyakarta, Satria Gama Rakatanseta. Dia akan berbagi pengalaman dan memotivasi calon wirausaha baru agar usahanya berkembang dan sukses.

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Ahmad Ahyar

Baca Juga