Musim haji 1440H/2019M

Gelang Kesehatan Dilengkapi Barcode Data Jemaah

Jakarta, Akuratnews.com - Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek mengatakan, pada musim haji 1440H/2019M ini Kementerian Kesehatan akan mengeluarkan gelang penanda kesehatan jemaah haji dengan menggunakan satu warna, oranye. Ini berbeda dari tahun sebelumnya dimana Kemenkes memberikan gelang kesehatan dengan tiga warna. Yaitu warna merah, kuning dan hijau yang diberikan sesuai kategori kondisi kesehatan jemaah.

“Satu warna sekarang karena di dalam sudah ada lengkap dengan makin canggih ada tanda barcode di dalamnya. Jadi lebih bagus kalo dulu cuma ada tanda dia sakit sekarang ada data jemaah,” jelas Menkes, saat ditemui usai memberikan Pembekalan Terintegrasi Petugas Haji Arab Saudi Tahun 1440H/2019M, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Jumat (26/04).

Barcode yang ada pada gelang tersebut, kata Menkes, akan mengakses data-data kesehatan jemaah pada Siskohatkes yang terintegrasi dengan Siskohat Kemenag. Hal ini sangat membantu, mengingat Indonesia memiliki jumlah jemaah haji terbesar di dunia. Pada musim haji kali ini, Indonesia akan memberangkatkan 231 ribu jemaah haji.

Ketersediaan data digital yang melekat pada jemaah ini diharapkan Nila dapat membantu petugas di lapangan untuk lebih cepat memberikan pertolongan bila ada jemaah yang membutuhkan penanganan. “Scan barcode, petugas bisa langsung tahu status kesehatan yang bersangkutan,” ujarnya.

Penulis: Redaksi
Editor:Redaksi

Baca Juga