Geliatkan UMKM, Ketua DPRD Berharap Agenda Festival Kopi Dapat Digelar di Sumbawa

AKURATNEWS - PDI Perjuangan menutup rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-49 dengan menggelar Festival Kopi Tanah Air 2022 di Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Jumat 27 Mei 2022.

Acara ini juga diharapkan bisa membangkitkan petani kopi di Tanah Air, dan membangkitkan semangat rakyat Indonesia.

Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq mengatakan festival kopi ini memberikan banyak manfaat bagi pelaku UMKM (Barista) maupun Petani Kopi.

"Manfaat pertama adalah bisa mengenalkan produk kopi daerah Kabupaten Sumbawa, apa keunggulan, bagaimana cita rasanya dan peluang kerjasama dalam pengembangan jaringan pemasaran kopi di level nasional" kata Rafiq.

Rafiq menjelaskan, dalam festival tersebut pengunjung bisa melihat langsung kemajuan inovasi kopi dari daerah lain, tercatat ada 29 Provinsi yang mengikuti acara ini.

Para pengunjung pun bisa mengetahui produk kopi dari sisi kemasan, rasa, hingga penggunaan teknologi dan strategi pemasarannya.

"Disinilah para penikmat kopi bisa mencoba tester kopi dan langsung berbincang dan berdiskusi dengan barista atau penanggung jawab stand" ucapnya.

Ia juga mengungkapkan, kopi yang ditampilkan oleh Provinsi NTB adalah kopi organik yang dibudidayakan secara alami, bebas residu pestisida maupun bahan pupuk kimia sintetis.

"Alhamdulillah Kopi yang dibawa oleh Provinsi NTB adalah kopi organik, sehingga dengan mengkonsumsi kopi Sumbawa bisa membantu menjaga kesehatan" ungkapnya.

Rafiq berharap Pemerintah Daerah bisa menggelar festival serupa di Kabupaten Sumbawa dalam rangka membantu perkembangan pelaku UMKM.

"Konsep festival kopi ini bisa digelar pada jelang Event MXGP of Indonesia Samota Sumbawa, dengan menampilkan seluruh produk kopi Sumbawa" tukasnya.

Sementara itu, Sekretariat Balitpus DPP PDI Perjuangan Amilan Hatta menjelaskan, Festival Kopi Tanah Air ini merupakan wujud dukungan PDI Perjuangan untuk majunya petani Indonesia.

Terlebih, kopi bisa mempersatukan masyarakat dalam pertemuan, kongkow maupun diskusi. Bukan hanya diskusi kecil, tapi hingga diskusi soal bangsa dan negara.

Amilan juga mengajak kader PDI Perjuangan (PDIP) se-Indonesia untuk bahu-membahu menjadikan Indonesia sebagai juara kopi dunia.

Apalagi, berbagai daerah di Indonesia merupakan surganya kopi dengan kualitasnya sangat bagus.

"Jadi sudah sewajarnya kita sebagai kader-kader PDI Perjuangan membawa Indonesia menjadi juara dunia kopi" kata Amilan.

"Saya harap kita bisa kasih suvenir berupa kopi untuk tamu-tamu yang datang. Mari kita dukung petani Indonesia," pungkas dia.***

Penulis: Shanty

Baca Juga