Gelombang Massa Tak Hempaskan RUU HIP dari Daftar Prolegnas

Suasana Rakor Badan Legislasi DPR RI, Selasa (30/6).

Jakarta, Akuratnews.com – Gelombang penolakan terkait dengan Rancangan Undang-Undang tentang Pembinaan Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) terus terjadi di beberapa wilayah di tanah air. Berbagai kelompok elemen masyarakat, menyuarakan ketidak setujuannya akan RUU HIP, yang dikhawatirkan akan menjadi Undang-Undang dengan menilai berbagai kejanggalan yang ditengarai akan melemahkan Pancasila sebagai idiologi Bangsa.

Gelombang penolakkan ternyata tidak menghempaskan RUU HIP dalam pembahasan Badan Legislatif (Baleg) DPR RI. Hal ini dibuktikan, dengan masih bertenggernya RUU HIP dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) dengan Status Posisi Disetujui menjadi RUU Usul DPR pada Paripurna Tanggal 12 Mei 2020 (Menunggu Surpres atau Surat Presiden).

Ketua Badan Legislasi DPR RI Supratman Andi Agtas mengatakan, terkait RUU HIP belum masuk dalam daftar drop, di mana pada rapat Baleg pada Selasa (30/6) baru mendengar aspirasi fraksi-fraksi.

“Hari Kamis nanti akan kita putuskan bersama dengan pemerintah. Kedua, Soal RUU HIP di-drop atau tidak, bukan lagi di kewenangan Baleg karena sudah jadi draf RUU. Kalaupun mau, harus diputuskan fraksi-fraksi di Badan Musyawarah, bukan di Baleg. Kecuali sudah diputuskan di sana akan baru kemudian mengeluarkan ketetapan,” ujarnya, sesaat Rakor Baleg, di Gedung Parlemen, (30/6).

“Rapat Badan Musyawarahnya bersama dengan Pimpinan-Pimpinan Fraksi (memutuskan dicabut atau tidak),” tegasnya.

Menurutnya saat ini surat dari Baleg sudah disampaikan kepada pihak pemerintah terkait pembahasan RUU HIP, namun pihaknya belum mengetahui Surpres terkait dengan hal tersebut sudah ada atau tidak.

“Intinya, posisi baleg saat ini bisa untuk menarik atau tidak. Tapi itu harus diputuskan secara bersama-sama oleh seluruh pimpinan fraksi dan pimpinan DPR dalam Rapat Badan Musyawarah. Bukan Kita. Kalu kita melakukan itu, kita menyalahi aturan. Kecuali Bamus memutuskan dan memerintahkan Baleg, untuk melakukan evaluasi Prolegnas, kita akan lakukan,” tegasnya.

Penulis:

Baca Juga