Opini

Gembar-Gembor Parenting Education di Indonesia

Parenting Education di Indonesia/Ilustrasi
Parenting Education di Indonesia/Ilustrasi

AKURATNEWS - Mengasuh anak atau parenting merupakan tanggung jawab terpenting bagi orang tua. Di Indonesia sendiri, nilai-nilai budaya tradisional masih sangat dijunjung tinggi dalam pola asuh anak.

Keberagaman suku, agama, dan ras di Indonesia sangat mempengaruhi beragamnya konteks budaya parenting di Indonesia.

Pengaruh globalisasi terhadap nilai-nilai budaya lokal dalam pola asuh saat ini tidak dapat dipisahkan. Masuknya budaya Barat meningkatkan asimilasi antara nilai-nilai budaya Indonesia.

Transformasi budaya ini telah mengubah cara pandang masyarakat Indonesia mengenai strategi pola asuh yang tepat dan efektif. Ilmu pola asuh antara orang tua dan anak inilah yang dimuat dalam parenting education.

Parenting education dapat diperoleh dari berbagai kegiatan, seperti seminar pranikah, parenting education saat di sekolah maupun acara keagamaan, membaca buku atau majalah, berkonsultasi dengan orang tua dan rekan-rekan yang sudah menikah, menonton program TV mengenai parenting, membaca materi parenting melalui internet, dan juga mengikuti kursus parenting.

Studi-studi terkait parenting berkembang pesat hingga saat ini yang didominasi oleh akademisi dari bidang pendidikan, psikologi dan ilmu kesehatan.

Di Indonesia saat ini sudah terlaksana dan bermunculan banyak program parenting, aplikasi dan website mengenai parenting, komunitas-komunitas orang tua yang membahas tips maupun konsultasi mengasuh anak.

Tak hanya itu, sejumlah influencer atau selebgram parenting juga sudah banyak difollow oleh masyarakat Indonesia.

Dengan demikian, apakah parenting education masih perlu digembar-gemborkan di Indonesia?

Selanjutnya 1 2 3 4

Baca Juga