Generasi Milineal Berhati-Hati dalam Menyebarkan Informasi

Anggota Komisi I DPR RI, Krisantus Kurniawan
Anggota Komisi I DPR RI, Krisantus Kurniawan

AKURATNEWS - Anggota Komisi I DPR RI, Krisantus Kurniawan, mengingatkan kepada para pengguna media sosial, terutama generasi milenial untuk berhati-hati dalam menyebarkan informasi.

Pasalnya, menurut dia, apa yang disampaikan di media sosial akan menjadi jejak digital kita yang sulit untuk dihilangkan dari generasi milenial.

Krisantus menyampaikan hal itu saat menjadi narasumber dalam Webinar Literasi Digital yang digelar Kemkominfo RI bekerja sama dengan DPR RI yang mengangkat tema "Memahami dan Menjaga Jejak Digital", Kamis, 16 September 2021.

"Jejak telapak kaki gampang hilang, tapi jejak digital adalah satu jejak yang tidak nampak dan sulit untuk menghilangkannya. Tentu ini jadi pengingat kita untuk hati-hati dalam meninggalkan jejak digital," kata Krisantus.

Ia mengatakan, keberadaan media sosial memungkinkan setiap orang untuk berjejaring tanpa batas. Tak hanya itu, pengguna media sosial juga diberikan kebebasan untuk mengekspresikan apapun di berbagai platform, baik Facebook, Instagram maupun Twitter dan yang lainnya.

Namun, kata Krisantus, kita harus selalu ingat bahwa kebebasan itu harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Salah satunya, lanjut dia, dengan menyebarkan informasi yang positif agar jejak digital kita juga positif.

"Kita harus bisa meninggalkan jejak-jejak yang positif di internet," ujarnya.

Krisantus mengakui, kebebasan berekspresi di media sosial kerap disalahgunakan oleh sejumlah pihak. Termasuk untuk menyebarkan hoaks alias berita palsu.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Yandi Permana
Editor: Zulfahmi Siregar

Baca Juga