Generasi Milineal Berhati-Hati dalam Menyebarkan Informasi

Anggota Komisi I DPR RI, Krisantus Kurniawan
Anggota Komisi I DPR RI, Krisantus Kurniawan

"Banyak dari kita yang ternyata termakan hoaks. Terutama hoaks so Covid-19," ungkapnya.

Selain Krisantus Kurniawan, hadir juga narasumber lainnya, yakni Conchita Caroline, influencer dan presenter televisi. Ia dalam kesempatan itu menyampaikan soal pentingnya menyebarkan informasi positif di media sosial.

"Apa yang kita sebarkan di media sosial itu sudah menjadi konsumsi publik. Sehingga baiknya kita pikirkan dan paham dulu apa yang mau kita sebarkan di media sosial. Jangan sampai ini malah jadi sesuatu yang buruk," kata Conchita.

Ia melanjutkan, baiknya seseorang memikirkan dan memahami terlebih dahulu ketika akan menyebarkan informasi di media sosial.

"Apa yang mau kita tinggalkan di ruang digital. Jejak digital apa yang mau kita tinggalkan. Apakah negatif atau positif," ucapnya.

Conchita mengatakan, banyak hal positif dan bermanfaat yang bisa disampaikan untuk orang lain di media sosial. Ia mencontohkan dengan menyampaikan informasi pariwisata, termasuk mengenalkan budaya dan destinasi wisata di daerah.

"Mengenalkan budaya atau spot-spot destinasi wisata yang itu memberikan dampak positif bagi kita dan orang lain," ujarnya.

"Kita harus paham betul literasi digital. Jadi bermedia sosial itu juga ada aturannya karena bisa berdampak besar sekali bila kita sembarangan dalam bermedia sosial," pungkasnya. ***

Selanjutnya 1 2
Penulis: Yandi Permana

Baca Juga