Genjot Aliran Bantuan, Dinas Perikanan Sinjai Serahkan Jutaan Benur Windu

Penyerahan benur windu kepada Pokdakan oleh Kepala Bidang Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai, Irwan Syamsuddin, S.Pi.,M.Si. /Ashari/AKURATNEWS

AKURATNEWS - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui UPT BPBAP Takalar kerjasama Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Perikanan terus menggenjot aliran bantuan kepada pembudidaya selama pandemi Covid-19.

Selain sebagai langkah percepatan target penyaluran bantuan pemerintah, hal ini juga sebagai wujud menggerakan ekonomi masyarakat pembudidaya ikan dalam rangka peningkatan produksi dan kesejahteraan.

Demikian diutarakan Kepala Dinas Perikanan Sinjai melalui Kepala Bidang Budidaya Irwan Syamsuddin, usai menyerahkan 1.030.000 juta ekor benih Udang Windu kepada tiga Pokdakan pembudidaya di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Rabu (16/6/2021).

Irwan menjelaskan bahwa Udang Windu merupakan salah satu komoditas unggulan di Sulawesi Selatan. Selain memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan prospek pasar yang baik, potensi wilayah dengan adanya pakan alami serta dukungan dan komitmen dari pemerintah daerah melalui dinas perikanan turut berperan aktif menarik minat pembudidaya.

Pengelolaan Udang Windu kata Irwan, harus mempertimbangkan kesesuaian lokasi dan memenuhi prinsip Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB), agar usaha budidaya dapat berkelanjutan dan tidak mengulangi kegagalan usaha budidaya dimasa lalu.

"Hari ini ada tiga Pokdakan yang menerima benur windu, diantaranya Pokdakan Lestari, Usaha Bersama, dan Ganggang Jaya I. Mudah-mudahan upaya ini berjalan baik dan berkelanjutan demi peningkatan produksi pembudidaya kita," katanya.

Penulis: Ashari

Baca Juga