Genjot Layanan Kesehatan di Pulau Sembilan, Nakes Fungsikan Rumdis

Rumah Dinas (Rumdis) baru untuk Tenaga Kesehatan Puskesmas dan Pustu di Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.
Rumah Dinas (Rumdis) baru untuk Tenaga Kesehatan Puskesmas dan Pustu di Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Sinjai, Akuratnews.com - Para Tenaga Kesehatan (Nakes) yang mengabdi di Kecamatan Pulau Sembilan kini bernafas lega. Pasalnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan melalui Dinas Kesehatan telah menyiapkan rumah dinas medis.

Bagi Nakes yang bertugas di Puskesmas Pulau Sembilan akan menempati rumah dinas yang berlokasi di Dusun Pulau Kambuno, Desa Pulau Harapan, Kecamatan Pulau Sembilan atau letaknya hanya beberapa meter dari Puskesmas Pulau Sembilan.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kesehatan Sinjai, drg. Farina Irfani, rumah dinas ini merupakan program fisik yang dilaksanakan pada tahun 2020 lalu dan kini sudah bisa dimanfaatkan oleh para Nakes yang bertugas.

“Banyak Nakes di Puskesmas Pulau Sembilan ini berdomisili di Kecamatan Sinjai Utara, sehingga ini salah satu kendala yang dihadapi karena mesti bolak-balik dan biaya transportasi tinggi. Mudah-mudahan dengan adanya rumah dinas ini tidak ada kendala yang dihadapi dan pelayanan kesehatan di Kecamatan Pulau Sembilan semakin meningkat,” ungkapnya, saat menghadiri acara Musrenbang Kecamatan Pulau Sembilan, Jumat (5/3/2021).

Farina menjelaskan bahwa bahwa rumah dinas tersebut sangat representatif, didalamnya terdiri dari 8 kamar dan bisa menampung sekitar 30 orang untuk bermalam.

“Rumah dinas ini sangat urgen, karena Puskesmas disini melayani perawatan inap dan UGD, sehingga para Nakes harus selalu standby kapanpun dalam melayani masyarakat,” jelasnya.

Dia berharap kepada Kepala Puskesmas dan para Nakes agar merawat dan memanfaatkan bangunan ini sebaik-baiknya, sehingga berdampak bagi peningkatan pelayanan kesehatan di Kecamatan Pulau Sembilan.

Farina juga menyebut bahwa jumlah Nakes yang bertugas di Puskesmas Pulau Sembilan sebanyak 65 orang, 46 diantaranya adalah non ASN.

Penulis: Ashari

Baca Juga