Genjot Produksi Jagung Hibrida, Pemkab Sinjai Kerjasama Balitbang Maros

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) melakukan penanaman perdana jagung hibrida. /Ashari/AKURATNEWS
Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) melakukan penanaman perdana jagung hibrida. /Ashari/AKURATNEWS

AKURATNEWS - Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) melakukan tanam perdana jagung hibrida di atas tanah seluas 5 hektar milik Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan di Lingkungan Tanassang, Kelurahan Alehanuae Kecamatan Sinjai Utara, Sabtu (10/4/2021).

Kegiatan dilaksanakan oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai kerjasama Balai Penelitian Tanaman Serealia Balitbang Pertanian Kabupaten Maros.

Dalam kesempatan ini, Bupati ASA menyambut baik kerjasama antara Dinas TPHP Sinjai dengan Balai Penelitian Tanaman Serealia Balitbang Maros, yang diharapkan bisa meningkatkan produktivitas, khususnya jagung di Kabupaten Sinjai di masa-masa yang akan datang.

"Kita punya daerah ini lahan persawahan yang kebanyakan masih mengandalkan air tadah hujan, sehingga kita harap jika lahan sawah yang ada tidak bisa ditanami padi karena cuaca, bisa dialihkan untuk menanam jagung," katanya.

Bupati ASA juga mengatakan, kendala yang masih kerap dihadapi oleh para petani jagung di Sinjai adalah persoalan hama. Olehnya itu, Bupati berharap, melalui kerjasama dengan Balai Serealia Balitbang Maros, berbagai permasalahan bisa teratasi.

"Kita punya harapan agar masyarakat kita dibantu, khususnya petani dalam mengatasi masalah-masalah hama, sehingga kita punya harapan semakin banyak masyarakat bisa menanam jagung di Sinjai. Apalagi hasil penelitian jagung dari Balai serealia ini banyak varietasnya dan memiliki kualitas tinggi," harapnya.

Sementara itu Perwakilan dari Balai Penelitian Tanaman Serealia dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian RI, Syahrir Pakki siap menjalin kerjasama dengan Pemkab Sinjai dalam upaya meningkatkan produktivitas jagung di Sinjai.

"Kami akan menjadi tenaga pendamping dalam pengembangan jagung, baik dalam bentuk pemilihan varietas benih yang cocok maupun terkait dengan teknologi pengembangan jagung," ungkapnya.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Kepala Dinas TPHP Sinjai, A. Ilham Abubakar dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui jenis varietas jagung hibrida yang memberikan produksi tinggi pada lahan sawah dataran.

"Melalui penanaman jagung hibrida ini diharapkan kedepan, Sinjai melalui Dinas TPHP dapat melakukan penangkaran dan pengembangan jagung hibrida dengan berbagai macam varietas bekerjasama dengan Balai Penelitian Tanaman Serealia Balitbang Maros," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati ASA juga melakukan ujicoba sistem penanaman jagung dengan menggunakan sistem modern, yaitu dengan mesin tanam jagung.

Penulis: Ashari

Baca Juga