Italia Kampiun Euro 2020

Gli Azzurri Hadang The Three Lions Lepaskan Kutukan 55 Tahun

AKURATNEWS - Tawa bahagia Gli Azzurri Italia dan tangis The Three Lions Inggris menutup gelaran Euro 2020.

Italia berhasil menjadi kampiun Euro 2020 lewat drama adu penalti versus Inggris dengan skor 3-2 (1-1) di Stadion Wembley, London, Senin (12/7) dini hari WIB.

Di babak pertama, Inggris mampu unggul lebih dulu 1-0 saat pertandingan baru berjalan tiga menit. Umpan silang Kieran Trippier dari sisi kanan disambut tendangan first time Luke Shaw yang membobol sudut sempit gawang Gianluigi Donnarumma.

Setelah gol itu, Inggris tampil nyaman dalam menguasai permainan sehingga membuat Italia kesulitan.

Italia baru mendapatkan peluang di pertengahan babak pertama tetapi upaya Federico Chiesa belum berbuah gol penyama kedudukan.

Skuad Roberto Mancini sendiri bermain tak lepas dan cenderung telat dalam mengumpan serta mengeksekusi bola di depan gawang. Padahal, penguasaan bola mereka sangat bagus.

Di babak kedua, Italia kembali menekan. Di sisi lain, Inggris yang fokus menjaga keunggulan justru mulai goyah karena terus ditekan.

Italia langsung mendapatkan peluang saat babak kedua baru berlangsung empat menit melalui tendangan bebas setelah Insigne dilanggar Raheem Sterling sedikit di luar kotak penalti pada menit ke-49.

Insigne yang maju sebagai eksekutor coba melepaskan tembakan ke pojok kanan gawang yang masih melebar. Peluang lain kembali didapat Italia setelah upaya Inggris untuk memperbesar skor lewat sundulan John Stones memanfaatkan umpan Luke Shaw masih bisa digagalkan Donnarumma.

Chiesa yang tampil enerjik nyaris membobol gawang Jordan Pickford saat ia melepaskan tembakan yang diarahkan ke tiang jauh tetapi bisa digagalkan dengan blok Pickford.

Tekanan yang terus dilancarkan Italia akhirnya berbuah manis pada menit ke-67. Dari situasi sepak pojok, Marco Verratti melakukan sundulan yang masih bisa diblok Pickford. Bola liar yang dihalau Pickford mengenai tiang gawang dan Leonardo Bonucci yang berada di depan bola liar itu langsung menyontek bola ke gawang yang kosong dan hanya dikawal Harry Keane. Skor pun berubah menjadi 1-1.

...
Gol Italia yang dcetak Bonucci. (AP)

Di sisa babak kedua, Inggris dan Italia berupaya mencetak gol kemenangan, namun tetap tak ada gol yang tercipta.

Dan Italia pun masih tetap terjebak pada kecenderungan telat dalam mengumpan serta mengeksekusi bola di depan gawang.

Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Di babak ini, satu peluang terbaik didapat Italia pada menit ke-103. Emerson bisa mengirimkan umpan terukur ke kotak penalti tetapi bola masih terlalu deras dan mengarah ke Pickford yang langsung membuang bola.

Pada menit ke-113, Italia nyaris harus bermain dengan 10 orang setelah Jorginho melakukan pelanggaran keras kepada pemain pengganti Inggris, Jack Grealish. Jorginho terlihat menginjak bagian kaki Grealish, tetapi wasit Bjorn Kuipers hanya menghadiahkan kartu kuning kepada Jorginho.

Setelah itu, Italia dan Inggris tidak bisa mencetak gol yang menjadi pembeda di laga ini. Penentuan juara Euro 2020 pun harus ditentukan melalui adu penalti.

Dalam drama adu penalti, Italia berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 3-2 atas Inggris. Tiga penendang Italia, Domenico Berardi, Leonardo Bonucci dan Federico Bernardeschi menjalankan tugas dengan baik dan hanya Andrea Belotti dan Jorginho yang gagal karena tendangannya bisa dibaca Pickford.

Sementara di kubu Inggris, Marcus Rashford, Jadon Sancho dan Bukayo Saka gagal menjalankan tugas. Hanya Harry Kane dan Harry Macguire yang menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Kiper Italia, Donnaruma pun layak diacungi jempol karena mampu terbang memblok tendangan penentu Inggris yang dilakukan Saka.

Juara kali ini merupakan gelar Euro kembali bagi Italia sejak 1968. Mereka mengakhiri penantian 53 tahun yang diwarnai dua kali kekalahan di laga final.

Sebelumnya, Italia gagal menjadi juara usai tumbang di final pada Piala Eropa 2000 dan 2012. Mereka kalah di final dari Prancis 1-2 di Euro 2000 dan tumbang 0-4 dari Spanyol di Euro 2012.

Sementara untuk Inggris, kekalahan atas Italia membuat mereka mengubur mimpi meraih trofi Euro perdana sepanjang sejarah.

Inggris juga masih harus melanjutkan puasa gelar di turnamen besar yang telah berlangsung selama 55 tahun sejak menjuarai Piala Dunia 1966.

Sang Tiga Singa ini seolah belum bisa lepas dari kutukan gelar juara yang telah tersemat dari 55 tahun lalu. Forza Gli Azurri!!!

Susunan Pemain:

Italia (4-3-3):

Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giogio Chiellini, Emerson; Nicolo Barella, Jorginho, Marco Verratti; Federico Chiesa, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne. Pelatih: Roberto Mancini

Inggris (3-4-3):

Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire; Kieran Trippier, Kalvin Phillips, Declan Rice, Luke Shaw; Mason Mount, Harry Kane, Raheem Sterling. Pelatih: Gareth Southgate.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga