GMKI Riau Sesalkan Penolakan Pembangunan Gereja di Kampar

Riau, Akuratnews.com - Aktivis Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Riau menyesalkan penolakan atas pembangunan Gereja di Daerah Kabupaten Kampar

Seorang Aktivis GMKI Riau Larshen Simamora mengatakan pihaknya menyesalkan penolakan dari sebagian Masyarakat Desa Pandau Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar–Provinsi Riau terhadap pembangunan Gereja di daerah tersebut.

Menurut dia, padahal keberadaan Gereja sudah sangat lama berdiri di kawasan tersebut, lebih dari 13 tahun HKBP Pandau Permai berdiri dilokasi yang sama, dan selama itu pula tidak pernah terjadi gejolak seperti ini. Kemungkinan besar ada dari beberapa kelompok masyarakat yang tidak senang dan lantas menolak atas pembangunan Gereja secara Permanen.

“Kami mendapatkan informasi dari rekan-rekan Pemuda dan Mahasiswa Kristen yang berdomisili di daerah ini, melalui pesan siaran WhatsApp, informasi terkait penolakan tersebut kami dengar. Tanpa basa-basi, mulai saat itu juga sampai hari ini kami telah melakukan Observasi dan Investigasi berkenaan dengan masalah ini. Sampailah pada kesimpulannya, bahwa penolakan tersebut berasal dari segelintir yang mengaku sekelompok orang perwakilan masyarakat setempat.  yang mengklaim bagian dari tokoh masyarakat setempat,” tutur Larshen dalam siaran persnya, Jumat (23/06/17).

Lershen menambahkan, Gereja yang dimaksudkan adalah HKBP Pandau Permai yang sebelumnya memang sudah ada, namun masih berdiri dengan kondisi bangunan yang non permanen alias masih bangunan papan.  Kendati demikian, GMKI sangat mengharapkan, agar ketegangan ini bisa segera usai, jangan lagi kita berkutat pada masalah ini terus.

“Bangsa ini sudah Jenuh dengan topik permasalahan SARA. Sudahilah ini semua. Ingat, kita ini sama-sama anak bangsa, sama-sama punya hak atas negeri ini. Republik ini tidak mengenal istilah Denominasi Mayoritas, maupun Tirani Minoritas. Negara kita bukan Negara Agama. Jadi jangan diperpanjang lagi,” tandas Larshen Simamora yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pemuda PGI, wilayah Riau.

(Ahy)

Penulis:

Baca Juga