Godaan Hijrah Rita Hasan, Disuruh Buka Hijab Hingga Mahalnya Istiqomah

Jakarta, Akuratnews.com - Tak mudah bagi banyak artis dan selebriti untuk memutuskan berhijrah. Kendala mandeknya karir dan cibiran lingkungan sekitar menjadi salah satu kendala nyata yang ada di hadapan mata.

Hal inilah yang juga dialami Rita Hasan. Pesinetron yang kerap berperan antagonis dan pedangdut ini merasakan kerasnya rintangan saat memutuskan untuk berhijrah sejak dua tahun yang lalu.

"Sepi, nggak laku, ditambah lagi pandemi Corona. Ini tantangan buatku juga. Hijrah itu nggak mudah. Jika selama ini bergelimang dengan kemewahan, sekarang harus berjuang. Jujur, aku saat ini nggak ada penghasilan dari dunia hiburan, cuma dari bisnis kecil-kecilan aja," ujar Rita di Jakarta, Selasa (3/11).

Memutuskan berhijrah pun dikatakannya juga tidak boleh merepotkan orang lain, walaupun dari sisi penghasilan jauh merosot, sebisanya harus terus ikhtiar.

"Pernah sempat syuting pakai wig beberapa kali, tapi sekarang sudah nggak bisa lagi. Ya sekali lagi ini tantangan buatku. Ditambah lagi kemarin pandemi Corona kan. Ya.. aku coba bisnis di Bali aja," ucapnya.

Tantangan berhijrah pun datang saat ada tawaran membuka hijabnya demi sebuah peran.

"Ada peran bagus kemaren, tapi disuruh buka hijab. Itulah godaannya, dibilang udahlah kamu kan belum nikah ini, ntar aja kalau udah nikah baru berhijab," ungkapnya.

Titik balik dirinya hijrah pun dirasakannya sebagai sebuah jalan yang sudah dipersiapkan Allah.

"Setelah mamah meninggal, aku merasa Allah menegurku dengan cara lain. Saat itu kita kecelakaan, dan aku merasa kematian sudah dekat, tapi aku belum siap," cerita Rita.

Ia pun mencoba istiqomah dalam berhijrah, salah satu caranya dengan menambah ilmu. Ikut kajian agama dan mencari guru yang tepat dilakukannya guna menunjang niat istiqomah ini.

"Eddies Adelia ngundang kajian Kamis besok misalnya. Pergaulan kita memang harus diarahkan seperti itu, kalau lingkungan nggak dirubah ya nggak bisa," ucapnya.

Ia pun punya pesan bagi artis dan selebritis yang ingin berhijrah.

"Bismillah aja, hijrah itu bukan datang sendiri tapi juga dicari. Kita sama-sama belajar," ujar wanita yang sempat diisukan berhijrah hanya untuk jadi Caleg ini.

Rita sendiri sebaliknya dipesankan oleh salah satu guru agamanya, Ustadz Abdul Maliki untuk tetap istiqomah.

"Itu yang paling mahal, istiqomah tidak hanya lahir, tapi batin juga. Nggak gampang memang. Ingat saat Rasullah saat hendak hijrah ke Madinah, tantangannnya luar biasa berat, bahkan sampai mau dibunuh. Jadi kita itu nggak ada apa-apanya dibanding beliau. Minimal, Rita bisa berhijrah untuk dirinya sendiri," ujar pengasuh Yayasan Hafara, Depok ini.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga