GP Ansor Jakarta Timur Mendukung Perppu No 2 tahun 2017

Ahmad Faisol, Ketua Team Pengawal Perppu GP Ansor Jakarta Timur

Jakarta, Akuratnews.com - GP Ansor Jakarta Timur menegaskan komitmennya untuk mendukung Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 Perubahan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas.

Ketua Team pengawal Perppu GP Ansor Jakarta Timur, Ahmad Faisol, menilai, jika dilihat dari perspektif hukum, Perppu pasti mempunyai kekurangan dan kelemahan tersendiri. Namun, kata dia, Perppu juga memiliki hal positif manakala UU Ormas belum mengatur kasus khusus seperti proses penanganan Ormas yang mengancam kedaulatan negara.

"Terbitnya perppu ini semata-mata untuk merawat persatuan kesatuan dan menjaga eksistensi bangsa Indonesia sebagai bangsa yg berdaulat dari rongrongan pihak manapun yang tidak menghendaki terciptanya perdamaian di bumi Indonesia yang kita cintai ini" ujar Faisol di Jakarta, Sabtu (15/07/17).

Faisol menambahkan, Ormas yang nyata-nyata memberikan manfaat bagi kehidupan bangsa dan bernegara, berperan aktif untuk kesejahteraan, keadilan dan tegaknya hukum bagi masyarakat.

"Jangan pernah merasa khawatir dan takut, kekhawatiran dan ketakutan terhadap Perppu ini hanya bagi mereka Ormas yang mempunyai ideologi dan pemikiran yang bertentangan dengan Pancasila" ucapnya.

"Kami tidak mengatakan bahwa yang menentang Perppu ini adalah anti pancasila, akan tetapi mereka yang menentang Perppu ini adalah mereka yang tidak menghendaki tegaknya Pancasila sebagai asaz tunggal di bumi Indonesia." tambahnya.

Menurutnya, siapapun mereka yang memiliki pandangan dengan terbitnya Perppu ini, menjadi preseden buruk bagi masa depan demokrasi di Indonesia itu adalah pandangan yang sangat picik.

"Karena sangat jelas dan tegas terbitnya Perppu ini sebagai upaya pemerintah untuk menjaga dan mengingatkan kita tentang demokrasi yang sesungguhnya, bahwa pancasila lahir dari hasil demokrasi, Pancasila sebuah anugerah dari Tuhan untuk bangsa Indonesia dan sudah menjadi kesepakatan bersama para pendiri bangsa ini" pungkasnya.

Selanjutnya, ia mengajak seluruh komponen masyarakat mendukung diterbitkannya Perppu ini demi terjaganya ketertiban umum dalam berbangsa dan bernegara sesuai asas asas pancasila. (Ahyar)

Penulis:

Baca Juga