Silaturahim Dengan Insan Pers

Gubsu : Kalau Ada Kepala Dinas Tak Bisa Dijumpai, Lapor Sama Saya

Medan, Akuratnews.com - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi memberikan peringatan keras kepada para jajaran OPD Pemprovsu yang sulit untuk dikonfirmasi tentang progres pembangunan Sumut Bermartabat.

”Kalau ada kepala dinas yang tak bisa dijumpai, lapor sama saya" tegas Edy  dalam pertemuan silaturahim dengan insan pers di Aula RIS Kantor Gubsu Lantai 2, Jalan Diponegoro, Medan, Rabu (12/2/2020).

Gubsu Edy Rahmayadi didampingi Asisten Administrasi Pembangunan yang juga Plt Kadisdik Sumut Arsyad Lubis, Plt Kadis Kominfo Sumut Ayub, Kadiskes Sumut Alwi Mujahit, Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis, Kabiro Umum Ahmad Fadly dan Kabiro Humas dan Keprotokolan Hendra Dermawan Siregar mengakui, bahwa Media atau wartawan adalah elemen sangat penting untuk pembangunan.

"Kalau tak ada wartawan tak akan jadi apa-apa semuanya ini. Makanya wartawan itu adalah teman bertukar pikiran untuk saya. Marilah kita sama-sama pikirkan kemajuan Sumut ini, saya tidak bisa bekerja sendiri tanpa bantuan teman-teman sekalian" tegasnya.

Pers, lanjutnya, sebagai pilar keempat demokrasi memiliki peran penting dalam menyukseskan agenda pembangunan di Sumatera Utara (Sumut). Fungsi dan perannya sebagai penerang atau sumber informasi dipandang mampu menjembatani pemerintah dengan masyarakat.

Untuk itu, pesan Edy, kalian sebagai insan pers di Sumut, harus membantu mensosialisasikan agenda pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat. Fokus pada hal-hal yang membuat Sumut lebih baik, jangan yang membingungkan masyarakat.

Menurut Edy, wartawan sebagai pelaku kontrol sosial diharapkan menyajikan berita-berita yang bersifat membangun, proaktif mengawasi agenda pembangunan khususnya yang tercantum dalam visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Kejar para OPD yang berkaitan, tanyakan. Bukan hal-hal yang di luar itu. Jangan kalian buat berita Edy marah,” ucap Edy dengan nada bergurau.

Dalam silaturahim ini juga dilakukan sesi tanya jawab dan pengajuan saran serta masukan. Para wartawan menyebut peran Edy Rahmayadi sebagai Gubernur memiliki nilai berita tersendiri yang menarik bagi media. Sehingga, apa saja yang berkaitan dengan personal Gubernur akan selalu disorot.

Namun demikian, sebagian besar wartawan peserta silaturahmi mengungkapkan dalam sesi tanya jawab bahwa mereka pun memiliki niatan untuk mendukung agenda pembangunan. Salah satu masukan yakni agar para OPD terbuka dan bersedia memberikan keterangan dan informasi yang dibutuhkan.

Agenda silaturahmi bersama insan pers merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Gubernur. Diawali dengan makan siang bersama serta perayaan Hari Pers Nasional ke-74 Tahun 2020, Gubernur Edy menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun disusul dengan memberikan suapan kue ulang tahun kepada para wartawan.

Baca Juga