oleh

Gubsu : Tanggung Jawab Kita Hasilkan Generasi Muda Berkualitas

Serdang Bedagai, Akuratnews.com – Gubernur Sumatera Utara Letjen TNI (Purn) H Edy Rahmayadi mengatakan bahwa tingkat perceraian di Sumut sebanyak 2500 kasus per tahun, tingkat kematian bayi dan permasalahan terkait keluarga lainnya merupakan permasalahan sosial yang harus kita cari tahu penyebabnya dan penanganannya sehingga tidak bertambah setiap tahun.

Untuk penanganan setiap permasalahan sosial dalam masyarakat adalah demi mempermudah menghasilkan generasi muda yang berkualitas. Oleh karena itu mari kita bangun dari tidur kita dan membangun Sumut bersama-sama dimulai dari keluarga.

Hak tersebut disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Letjen TNI (Purn) H Edy Rahmayadi, pada puncak Peringatan Harganas XXV Tingkat Provsu Tahun 2018, yang dilaksanakan di Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin, Sergai, dihadiri Rabu (19/9/2018).

Gubsu juga berharap kepada para Kader PKK dapat membangun Sumut mulai dari keluarga, masyarakat yang berprestasi juga dimulai dari keluarga yang kuat dan tangguh sehingga melahirkan anak-anak yang unggul.

Sementara itu, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya mengatakan bahwa pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV tahun 2018 ini terdapat 3 (tiga) hal yang dibangun oleh keluarga yakni cinta keluarga, cinta terencana dan cinta Indonesia.

Keluarga yang kuat dibangun dengan kebersamaan yang kuat. Sedikitnya keluarga harus dibangun dengan makan malam bersama, minimal sekali dalam seminggu supaya kita semakin erat hubungannya dan kuat berakar dalam keluarga. Hal ini adalah untuk membangun cinta keluarga.

Kedua sebut Bupati, cinta terencana yakni merencanakan pernikahan yang baik dan merencanakan keluarga dengan baik. Dengan merencanakan keluarga dengan baik akan mengurangi permasalahan sosial yang potensial terjadi di masyarakat.

Dan ketiga adalah cinta Indonesia yaitu membangun cinta Indonesia juga harus dimulai dari lembaga terkecil di masyarakat yakni keluarga. Setiap keluarga harus menumbuhkan rasa cinta kepada Indonesia sehingga menghasilkan generasi muda yang berkualitas bintang dan mengharumkan nama bangsa dimasa yang akan datang. Oleh karenanya Bupati Soekirman mengajak para Kader PKK untuk membangun keluarga hebat dan sejahtera di Sumut.

Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Provsu dr. Ria Novida Telaumbanua, M. Kes selaku panitia menyampaikan bahwa rangkaian acara peringatan Harganas ke XXV yang berlangsung selama 2 hari, 18-19 September 2018 antara lain Bedah rumah tidak layak huni sebanyak 30 rumah di Desa Bingkat Kec. Pegajahan, akte kelahiran gratis kepada 4000 anak, sosialisasi Kampung KB, sosialisasi PIK Remaja.

Penilaian Kampung KB dan PIK terbaik se Sumut, talkshow dan pameran, lomba masak ikan, advokasi program KKBK oleh BKKBN Sumut. Sedangkan untuk pelaksanaan Harganas ke XXVI dijadwalkan akan digelar di Kota Madina, ucapnya. (HSP)

Komentar

News Feed