Guru Besar UI: Air Galon Guna Ulang Tidak Sebabkan Kanker

Ilustrasi Galon PC yang mendapat rekomendasi aman dari BPOM

Jakarta, Akuratnews.com - Kekhawatiran masyarakat terkait dengan berita tentang galon guna ulang yang berbahaya akhirnya terjawab sudah dengan informasi yang disampaikan oleh Yayasan Kanker Indonesia. Yang mana ditegaskan belum adanya bukti air galon guna ulang menyebabkan penyakit kanker.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD-KHOM, FINASIM, FACP dalam suatu kesempatan. Dirinya mengungkapkan yang pasti 90-95 persen kanker itu dari lingkungan atau environment.

“Kebanyakan karena paparan-paparan gaya hidup seperti kurang olahraga dan makan makanan yang salah, merokok, dan lain sebagainya. Jadi belum ada penelitian air galon itu menyebabkan kanker,” ujarnya.

Penegasan yang sama juga disampaikan Anggota Yayasan Kanker Indonesia  Dr. Nadia A Mulansari SpPD-KHOM. Dia mengatakan kanker itu multifactorial, di mana sekitar 10-15 persen sifatnya genetic dan sisanya sekitar 90-95 persen itu sporadik atau lebih ke lingkungan. Yang jelas, kata dokter Nadia,  penyebab utama kanker yang sudah terbukti  dari berbagai penelitian itu adalah rokok.

“Itu menyebabkan sekitar 20-30 kasus kanker,” tuturnya.

Faktor resiko yang lain yang bisa berpengaruh terhadap terjadinya kejadian kanker  adalah obesitas atau kegemukan, pemakaian hormonal yang panjang, usia menstruasi dini,  wanita yang tidak menyusui, terpapar bahan-bahan cat, dan pupuk kimia. “Intinya, penyebab kanker itu multifactorial. Jadi, banyak faktor-faktor lain yang berkontribusi terhadap suatu sel sehingga membuat sel itu berubah menjadi sel kanker,” tukasnya.

Terkait air galon yang diisukan bisa menyebabkan kanker, dokter Nadia malah tertawa mendengarnya.  “Nggak lah, air galon itu malah air putih paling sehat,” cetusnya sambil tertawa.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga