Pariwisata Indonesia

Gurun Pasir Busung, Eksotik Timur Tengah di Pulau Bintan

Jakarta, Akuratnews.com- #DiIndonesiasaja Kepulauan Riau memiliki lebih dari 2.400 pulau, baik besar maupun kecil. Sebagian dari pulau tersebut atau sekitar 305 pulau belum memiliki nama. Salah satu pulau terbesarnya adalah Pulau Bintan.

Pulau ini terkenal memiliki pesona wisata nan eksotis. Dengan luas pantai yang mencapai 23 ribu hektare dan hampir semuanya berpasir putih bersih, tempat ini sangat layak dikunjungi wisatawan.

Selain menawarkan hamparan pasir putih di sepanjang pantainya, Pulau Bintan juga memiliki destinasi wisata eksotis lain yang akan membawa kita seolah berada di Timur Tengah, yaitu  Gurun Pasir Busung.

Gurun Pasir Busung awalnya merupakan sebuah area pertambangan pasir yang kini sudah dihentikan aktivitas  penambangannya. Tempat ini sekarang menjadi area bukit (gundukan) menyerupai gurun yang indah. Keindahan itu semakin sempurna dengan adanya sebuah danau berwarna biru yang menjadikannya seperti oasis.

Gurun Pasir Busung sekarang menjadi hits di kalangan anak-anak muda di Kepulauan Riau dan para influencer. Sebab selain tempatnya yang indah, juga sangat instagrammable. Anda bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan yang membuat Anda seolah-olah sedang berada di kawasan Timur Tengah.

Jika cuaca cerah dan matahari bersinar sempurna, dari kejauhan bukit pasir ini terlihat bersinar karena bersihnya pasir yang terhampar luas memantulkan semacam cahaya putih. Meski sebagian besar pemandangannya berupa bukit dan hamparan pasir, ada juga pepohonan dan semak yang tidak terlalu tinggi sehingga melengkapi pesona Gurun Pasir Busung.

Hamparan pasir berbukit ini semula belum bernama. Namun karena letaknya yang berada Desa Busung, maka masyarakat setempat menamainya Bukit Pasir Busung atau Gurun Pasir Busung. Tempat yang indah ini tidak terlalu sulit dijangkau, karena berada di Jalan Lintas Tanjungpinang—Bintan. Begitu Anda memasuki Desa Busung, maka di sebelah kiri jalan akan terlihat Bukit atau Gurun Pasir Busung.

Anda sudah penasaran untuk melihat seperti apa eksotisnya Gurun Pasir Busung ‘kan?

Jika Anda tertarik untuk berkunjung atau berwisata ke tempat ini, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya adalah konsumsi. Anda harus membawa bekal makanan, seperti camilan atau makanan berat, serta air minum yang cukup. Sebab di tempat ini belum ada penjual makanan dan minuman, layaknya tempat wisata pada umumnya.

Hal lain yang perlu kita perhatikan adalah cuaca. Di sana cuaca bisa sangat panas. Agar terhindar dari dehidrasi akibat cuaca yang terik, sebaiknya pilih waktu yang tepat untuk berkunjung ke sana. Misalnya pagi atau sore hari.

Gurun Pasir Busung berjarak kira-kira 45 kilometer dari Kota Tanjungpinang, atau sekitar 50 menit sampai satu jam perjalanan darat. Berlibur ke sini jangan lupa untuk tetap patuhi protokol kesehatan, yakni dengan mencuci tangan pakai sabun, mengenakan masker, serta menjaga jarak.

Penulis: Irish
Editor:Redaksi

Baca Juga