Hadiri Puncak HPN 2022 di Depok, Hendry Ch Bangun: Media Perlu Tingkatkan Kualitas

Wakil Dewan Pers Nasional Hendry Ch Bangun (dua dari kiri) usai serahkan penghargaan kepada tiga wartawan di acara puncak HPN 2022 di Depok, Rabu,(9/3)
Wakil Dewan Pers Nasional Hendry Ch Bangun (dua dari kiri) usai serahkan penghargaan kepada tiga wartawan di acara puncak HPN 2022 di Depok, Rabu,(9/3)

AKURATNEWS- Saat menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 di Depok, Wakil Ketua Dewan Pers Nasional Hendry Ch Bangun minta media untuk meningkatkan kualitas.

"Sekarang ini persaingan sangat ketat. Bukan hanya sesama media massa, tapi juga dengan media sosial (Medsos)", kata Hendry, Rabu, (9/3).

Menurut Hendry, masyarakat sudah banyak yang mencari informasi tidak lagi hanya di media massa, tapi juga di medsos. "Untuk itu, media massa harus meningkatkan kualitasnya baik dari isinya, manajemenya dan sebagainya", ujarnya.

Meski begitu, di tengah ketatnya persaingan media massa, wartawan yang mengawali karir di majalah terbitan Jakarta tahun 1982 lalu itu juga optimis kalau pers yang profesional dan sehat tentu dapat menghadapinya.

Hendry menyebut, untuk penuhi konten pemberitaan yang bisa bersaing, wartawan atau media massa juga harus bisa benar-benar mensesuaikan dengan selera masyarakat.

"Seorang wartawan harusnya melihat potensi pemberitaan di lingkungannya dulu sebelum masyarakat berbicara mengenai hal yang sifatnya umum atau luas", jelasnya.

Dia juga beri pesan kepada wartawan agar mampu mengali terus potensi pemberitaan di wilayah sendiri, jangan sampai jauh dari masyarakat. Kita ingin publik merasa terwakili aspirasinya,

"Kami juga sedang menggodok peraturan terkait lisensi atau hak paten karya jurnalistik agar tidak digunakan semaunya oleh perusahaan-perusahaan medsos dunia,” pukasnya.

Dalam acara puncak peringatan HPN 2022 Kita Depok, Wakil Dewan Pers Nasional itu juga didaulat untuk menyerahkan penghargaan kepada tiga wartawan di Depok dengan satu kategori penghargaan Tokoh Pers Depok berprestasi dan dua penghargaan wartawan untuk kategori penulis kritis Kota Depok.

Sedang, dalam momen yang sama, Hendry Ch Bangun mendapat penghargaan kategori Tokoh Pers Nasional dari panitia HPN 2022 Kota Depok.

Penulis:
Editor: Redaksi

Baca Juga