Hak Interpelasi Terkait Penyelenggaraan Formula E

Ilustrasi Formula E
Ilustrasi Formula E

AKURATNEWS - Setelah dirundung ketidakjelasan akibat pandemi Covid-19, ajang balap mobil balap listrik Formula E di Jakarta dipastikan harus berjalan pada Juni 2022.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuangkan itu dalam Instruksi Gubernur DKI Nomor 49 Tahun 2021 tentang Penyelesaian Isu Prioritas Daerah Tahun 2021-2022.

Formula E menjadi salah satu program prioritas yang termaktub dalam instruksi yang ditujukan kepada Sekretaris Daerah atau Sekda DKI Marullah Matali itu.

Perhelatan Formula E di Jakarta semula dijadwalkan pada 6 Juni 2020. Balapan ditunda karena pandemi Covid-19.

Pemerintah DKI telah membayar biaya komitmen Rp 560 miliar, sebanyak Rp 360 miliar untuk biaya komitmen pada 2020 dan Rp 200 miliar untuk 2021.

Rencana Anies dalam Ingubnya itu mengundang sorotan dari berbagai pihak.

Dalam Live webminar yang diselenggarakan oleh Aliansi Pemuda Jakarta dengan judul ‘’INTERPLASI ANIES Formula E. Siapa Yang Di untungkan” pada Jum’at, 3 September 2021, Yuke Yurike dari Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta mengatakan gerakan interpelasi ke Anies Baswedan dianggap sebagai gerakan kegaduhan politik.

‘’Dalam hal ini (Formula E) gubernur malah membawa-bawa nama Presiden Jokowi. Padahal DKI punya OTDA (Otonomi Daerah) yang bisa menentukan skala kebutuhan masyarakatnya,’’ tegas Yuke Yurike.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Redaksi
Editor: Zulfahmi Siregar
Photographer: Istimewa

Baca Juga