Upacara HUT RI ke-47 di Istana Merdeka

Hal Ini Bikin Jokowi Jadi Yang Pertama Dalam Sejarah

Jakarta, Akuratnews.com - Ada yang tak biasa dalam upacara peringatan HUT RI ke-47 di Istana Merdeka, Jakarta pagi tadi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalami dan menepuk bahu Komandan Upacara, Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo yang masih berdiri di tengah lokasi upacara.

Rasa bangga pun tergambar di wajah Hariyo yang kini menjabat sebagai Kepala Departemen Strategi Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) saat sang pemimpin negara menyalaminya langsung di tengah lokasi upacara.

Tak hanya jabat tangan, Presiden Jokowi pun menepuk lengan Hariyo sebanyak lima kali sebagai ungkapan terima kasih karena telah menjalankan tugasnya dengan baik.

Hal ini membuat Jokowi tercatat menjadi Presiden Indonesia pertama yang melakukannya.

Hal yang tak biasanya juga dilakukan Presiden Jokowi saat membagikan sepeda sebagai hadiah kontes kostum terbaik di upacara.

Wakil Presiden Jusuf Kalla bertugas membacakan pemenang kontes.

"Sebagaimana telah diumumkan sebelumnya terima kasih para hadirin memakai pakaian nasional dari daerah masing-masing dan berdasarkan penilaian juri dimana Bapak dan Ibu sejak tiba masuk ke wilayah Istana, maka di sini saya diminta untuk mengumumkan hasil penilaian juri," ujar Wapres.

"Siapa pemenang yang memakai pakaian nasional terbaik dan tentu mendapat hadiah, hadiahnya sepeda merah putih," lanjutnya.

Wapres membacakan pengumuman dari juara ketiga, yakni istri Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Nora Tristiana. Ia mengenakan pakaian adat Lampung

Sementara itu, juara kedua ialah Sultan Gunung Tabur H. Adji Raden M Bachrul yang mengenakan pakaian adat dari Kerajaan Gunung Tabur, Berau, Kalimantan Timur.

"Dan pemenang pertama yang terbaik memakai baju daerah Ibu Khalida dengan baju daerah NTT," lanjut Wapres.

Khalida merupakan masyarakat biasa yang mendapat undangan untuk ikut dalam upacara di Istana.

Dalam upacara peringatan Kemerdekaan RI ke-74 di Istana Merdeka, Sabtu (17/8), pihak Istana memang menyebutkan, akan ada kejutan menjelang peringatan Detik-detik Proklamasi.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga